Menanamkan Kesadaran Sejak Usia Dini

Minggu, 22 Maret 2015 - 09:41 WIB
Menanamkan Kesadaran...
Menanamkan Kesadaran Sejak Usia Dini
A A A
YOGYAKARTA - Tertib berlalu lintas, saat ini masih rendah tertanam terutama dalam diri masyarakat di Kota Yogyakarta. Hal ini terbukti setiap tahunnya, angka korban jiwa akibat kecelakaan di jalan terus meningkat.

Kondisi inilah yang menjadi latar belakang dibuatkannya sebuah tempat edukasi. Taman edukasi berlalu lintas, yang dibuat oleh Dinas Perhubungan setempat. Tepatnya berada di sebelah barat Terminal Giwangan, Yogyakarta. Taman yang dibangun pada Desember 2013 silam tersebut, saat ini mendapat respons yang baik di masyarakat. Terbukti, setiap pekan setidaknya ada dua sekolah dasar (SD) yang melakukan kegiatan di sini.

Ditargetkan dalam satu bulannya sebanyak 600 anak sekolah mengaksesnya. “Tujuan pokok taman edukasi ini menanamkan kesadaran dan keselamatan berlalu lintas sejak usia dini. Kan anak-anak mudah menyerapnya. Ini merupakan investasi kita, ketika kelak mereka dewasa bisa baik menjadi pengguna lalu lintas. Tertib dalam berlalu lintas,” kata Kepala Bidang Pengendalian Operasional dan Bimbingan Keselamatan Dishub Kota Yogyakarta Sugeng Sanyoto.

Di taman edukasi lalu lintas ini terdapat berbagai macam rambu-rambu. Dari traffic light, rambu peringatan, petunjuk, larangan, perintah, tambahan, dan lainnya. Dalam pemberian materi pun, pihak Dishub menyediakan tiga orang fasilitator. “Di sekolah kan ada muatan lokalnya. Nah, kita memberikan alat peraganya. Penggunaannya pun gratis, hanya harus antre saja,” katanya.??

Ridho Hidayat
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)