MTsN Maguwo Gelar Serba Jawa

Sabtu, 21 Maret 2015 - 11:19 WIB
MTsN Maguwo Gelar Serba Jawa
MTsN Maguwo Gelar Serba Jawa
A A A
SLEMAN - MTsN Maguwo, Depok, Sleman mempunyai cara unik dalam memperingati Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-268, kemarin.

Selain siswanya menggunakan pakaian adat Jawa, sekolah juga menggelar perlombaan permainan tradisional dan membersihkan lingkungan di sekitar sekolah. Permainan tradisional yang diperagakan antara lain gobak sodor dan sonda mandah. Kepala MTsN Maguwoharjo Ma'mur Amprani mengatakan, apa yang mereka lakukan ini bukan hanya kegiatan seremonial.

Kegiatan ini juga untuk mengenalkan dan melestarikan adat serta budaya Jawa. Sehingga siswa diharapkan tidak hanya mengerti, tapi juga memahami budaya Jawa. “Kami menyadari adanya degradasi adat budaya Jawa di zaman modern. Untuk itulah, momen ini dimanfaatkan untuk total nguri- nguri budaya Jawa tersebut,” ungkap Ma’mur di sela-sela kegiatan, kemarin.

Untuk kepentingan tersebut, sekolah sengaja tidak mengadakan pelajaran di kelas. Di samping pakaian, lanjut dia, guru, siswa, dan karyawan sekolah juga diwajibkan menggunakan bahasa Jawa dalam berkomunikasi. Siswi kelas IX MTsN Maguwo Rizki Utami mengaku agak repot dengan pakaian adat Jawa yang dikenakan.

Begitu juga untuk bahasanya tidak begitu paham, mengingat yang digunakan bahasa Jawa Krama. Namun dia menyadari jika tidak ada yang perhatian dan pengenalan kepada generasi muda, dipastikan adat dan budaya Jawa akan luntur tergerus zaman.

Priyo setyawan
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9154 seconds (0.1#10.140)