Pria asal Pontianak Ini Terdeteksi Bergabung dalam ISIS

Jum'at, 20 Maret 2015 - 18:05 WIB
Pria asal Pontianak Ini Terdeteksi Bergabung dalam ISIS
Pria asal Pontianak Ini Terdeteksi Bergabung dalam ISIS
A A A
PONTIANAK - Salah satu warga Pontianak berinisial MN yang berprofesi sebagai fotografer terdeteksi bergabung dalam Islamic State of Iraq and Syria atau ISIS. Bahkan diperkirakan MN sudah berangkat ke Irak.

"Dia warga Pontianak dan kami mendapatkan info dari intelijen. Sayangnya informasi masuk, namun yang bersangkutan sudah berada di sana," kata Kapolda Kalbar Brigjen Pol Arief Sulistyanto, Jumat (20/3/2015).

Sementara Gubernur Kalbar Cornelis saat memberikan kata sambutan di pemberkatan Gereja Katedral St Yoseph Pontianak juga mengungkapkan hal tersebut.

"Dari informasi yang saya dapat, sudah ada orang Pontianak yang bergabung dengan ISIS di Irak. Ini menunjukkan bahwa paham dan ideologi itu sudah masuk ke Kalbar dan perlu diwaspadai," kata Cornelis.

Gubernur menyebutkan Pemerintah Indonesia telah menyatakan, ISIS bukanlah masalah agama melainkan ideologi atau keyakinan yang dianggap bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Terkait hal tersebut, pemerintah dan negara Indonesia menolak dan tidak mengizinkan faham ISIS berkembang di Indonesia. "Karena tidak sesuai dengan ideologi negara Pancasila, negara kesatuan RI dan Kebhinnekaan kita di dalam negara kesatuan RI, makanya itu mesti dicegah," katanya saat ditemui di Pendopo.

Gubernur juga mengungkapkan hal serupa jika ada warga Kalbar yang sudah bergabung dengan ISIS. "Orang Pontianak sudah gabung ISIS satu orang. Orangnya sudah berangkat lewat Irak, orang sini. Markasnya di Untan, dia mahasiswa," kata Cornelis saat menemui Asmadi, kakek Tina bin Mahat, seorang TKW asal Wajok, Kecamatan Siantan yang divonis bersalah karena didakwa membunuh majikannya di Pahang, Malaysia.

Penelusuran awak media satu di antara pegiat media sosial yang kenal dengan MN mengatakan secara style yang bersangkutan tak tampak beraliran keras. "Namun komentar dan status di Facebook memang mengarah," kata sumber tersebut.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5813 seconds (0.1#10.140)