Figur Ade Munawaroh Menguat Diusulkan Jadi Wabup

Kamis, 19 Maret 2015 - 18:35 WIB
Figur Ade Munawaroh...
Figur Ade Munawaroh Menguat Diusulkan Jadi Wabup
A A A
BOGOR - Figur Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Munawaroh menguat untuk dicalonkan menjadi Wakil Bupati Bogor mendampingi Hj Nurhayanti sebagai bupati.

Dukungan datang dari partai pengusung Koalisi Kerahmatan diantaranya Partai Hanura.
Menurut Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Bogor Hendrayana, partainya dipastikan akan mencalonkan Ade Munawaroh sebagai Wakil Bupati Bogor.

Karena sosok Ade Munawaroh dinilai mampu dan layak untuk mendampingi Hj Nurhayanti. untuk mewujudkan Kabupaten Bogor sebagai kabupaten termaju.

"Partai Hanura sebagai pengusung Koalisi Kerahmatan secara formal akan mencalonkan nama Ade Munawaroh menjadi Wakil Bupati Bogor, " ungkap Hendrayana kepada Sindonews.com, Kamis (19/3/2015).

Menurut anggota DPRD Kabupaten Bogor ini, figur Ade Munawaroh cukup mumpuni untuk menjadi wakil bupati karena telah berpengalaman menjadi wakil rakyat selama dua periode.

Selain itu Ade juga dinilai cukup dekat dengan Bupati Bogor Hj Nurhayanti sehingga diyakini bisa bekerja sama dalam pemerintahan.

"Saya rasa ini merupakan pasangan yang cocok untuk memimpin Kabupaten Bogor kedepan. Sekarang tinggal menunggu dukungan dari pihak legislatif," timpal Hendrayana.

Sedangkan menurut Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bogor Iwan Setiawan, secara formal Koalisi Kerahmatan belum mengusulkan nama calon wakil bupati.

Namun Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini menyatakan memang ada beberapa nama dari koalisi yang menguat untuk dicalonkan diantaranya memang ada nama Wakil Ketua DPRD Ade Munawaroh.

Pertimbangannya adalah karena yang bersangkutan cukup kapabel dan kredibel karena sudah pernah menjadi anggota dewan selama dua periode.

Saat ini pihaknya terus berkomunikasi dengan partai koalisi lainnya untuk secara formal mengajukan nama calon yang akan diusung sebagai Wakil Bupati Bogor.

Iwan menyatakan, pihaknya berkeinginan terlebih dahulu berkonsultasi dengan Bupati Bogor Hj Nurhayanti sebelum mengusulkan nama calon wakil bupati.

"Dengan bertemu secara formal dengan Bupati terlebih dahulu tentunya akan didapat figur yang cocok dan bisa bekerja sama dengan beliau untuk memimpin Kabupaten Bogor ke depan," ujar Iwan.

Iwan menegaskan, tentunya Bupati Bogor Hj Nurhayanti akan bijak dalam menentukan calon pendampingnya memimpin Kabupaten Bogor.

Sementara Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis mengatakan secara etika politik, partai pengusung pemenang pilkada adalah pihak yang berhak mengusulkan nama calon wakil bupati.

Hal ini, kata Margarito diatur dalam Undang-Undang No 22 tahun 2014, Perppu No 1/2014 mengenai pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota dan UU No1/2015 soal Penetapan Perppu Nomor 1/2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi undang-undang.

"Menurut peraturan perundang-undangan penunjukan wakil bupati dilakukan oleh partai pengusung dan diserahkan sepenuhnya kepada Bupati untuk memilihnya, " kata Margarito.

Menurut dia, tentunya figur Ade Munawaroh cocok untuk diusulkan menjadi wakil bupati mengingat PPP adalah pemenang dan pengusung dalam pilkada beberapa waktu lalu.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2472 seconds (0.1#10.140)