Sepekan, 34 Penjahat Jalanan Dibekuk

Rabu, 18 Maret 2015 - 10:14 WIB
Sepekan, 34 Penjahat...
Sepekan, 34 Penjahat Jalanan Dibekuk
A A A
PALEMBANG - Polresta Palembang dalam sepekan mengamankan sebanyak 34 pelaku kejahatan jalanan. Tangkapan tersebut akumulasi dari 12 polsek dan Satreskrim Polresta Palembang.

“Ungkapan 34 pelaku kejahatan jalanan ini hasil kerja keras dari polsek-polsek dan Reskrim Polresta Palembang. Terhitung dalam seminggu ini (Senin 9 Maret-Sabtu 14 Maret). Dari angka ini, kalau dibandingkan dengan tahun lalu memang ada penurunan penangkapan sekitar 7%,” ungkap Kapolresta Kombes Polisi Sabarudin Ginting, saat beber kasus di halaman Mapolresta Palembang, kemarin.

Dia menuturkan, dari hasil pengungkapan jajarannya itu berbagai hasil curian berhasil diamankan, di antaranya tujuh sepeda motor, ban, tabung gas, ponsel, dan empat cincin batu akik. Selain itu, juga diamankan senjata tajam yang digunakan pelaku kejahatan saat menjalankan aksinya, yakni samurai, badik, golok, celurit, dan pisau dapur. “Adapun kerugian yang ditimbulkan dari aksi pelaku kejahatan jalanan ini mencapai puluhan juta. Ini sesuai dengan angka kejahatan yang berhasil kita ungkap dalam sepekan ini,” papar dia.

Sabarudin melanjutkan, upaya mengungkap kejahatan jalanan, yang digolongkan dalam tiga kategori, yaitu pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), dan pencurian sepeda motor (curanmor), yang meresahkan masyarakat di kota besar, termasuk di Kota Palembang, pihaknya mengoptimalisasikan kekuatan anggota polisi di polsek-polsek dan Reskrim Polresta Palembang.

“Kekuatan kami, bukan hanya dari jajaran Reskrim saja, melainkan dari satuan lain, yakni Sat Intelkam juga dikerahkan dalam mengungkap pelaku kejahatan. Termasuk aksi begal, yang begitu meresahkan masyarakat,” tegasnya. Kedepan, kata dia, pihaknya akan kembali merilis hasil tangkapan pada minggu depan dengan harapan situasi di wilayah Kota Palembang semakin kondusif. Otomatis, tegas dia, peningkatan kinerja satuan di Polresta dan polsek-polsek lebih ditingkatkan.

“Jadi, ini akan rutin untuk menanggulangi kejahatan jalanan. Kami berharap, situasi dan kondisi Kota Palembang, tetap aman dan aktivitas masyarakat lebih nyaman,” imbuhnya. Satreskrim Polresta Palembang Kompol Suryadi menambahkan, pihaknya terus mengembangkan kasus kriminalitas jalanan dan lainnya.

Bahkan, semalam pihaknya mengungkap tiga pelaku kejahatan curanmor yang juga pembobol rumah di kawasan Seberang Ulu Palembang. “Anggota kami tidak kenal waktu mengungkap kejahatan. Setiap laporan, langsung di tindaklanjuti. Kami tidak memberi ruang bagi pelaku kejahatan,” tandasnya.

Ibrahim arsyad
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)