Sniper Diterjunkan dalam Pengamanan Konfrensi Asia Afrika ke 60

Minggu, 15 Maret 2015 - 14:13 WIB
Sniper Diterjunkan dalam...
Sniper Diterjunkan dalam Pengamanan Konfrensi Asia Afrika ke 60
A A A
BANDUNG - Kepolisian Daerah Jawa Barat bakal menerjunkan sejumlah sniper saat pengamanan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke 60.

Satu bulan menjelang penghelatan akbar tersebut pihak kepolisian telah melakukan berbagai persiapan agar acara yang menyedot perhatian dunia tersebut bisa berjalan lancar dan aman.

“Sniper tentunya kita siapkan untuk menyebar terutama di gedung-gedung tinggi yang akan dilalui rombongan. Totalnya ada tiga unit, atau total keseluruhan 33 personel sniper,” kata
Kapolda Jabar, Irjen Pol Mochamad Iriawan, Minggu (15/3/2015).

Kapolda mengatakan, pihaknya telah jauh-jauh hari telah melakukan operasi cipta kondisi untuk mengantisipasi ancaman-ancaman yang dikhawatirkan timbul saat KAA.

“Seluruh personel juga sudah kita siagakan dari mulai kedatangan dan seluruh jalur yang akan dilalui rombongan. Termasuk kita hitung menit permenitnya dan menentukan rute alternatif,” jelasnya.

Selain itu saat KAA berlangsung pihaknya juga telah menyiapkan strategi khusus untuk menghalau massa yang akan melakukan unjuk rasa.

Khusus massa dari luar kota nantinya akan mulai diblok dari beberapa pintu masuk Kota Bandung seperti gerbang tol atau pintu perbatasan.

“Untuk massa yang asli Bandung nantinya kita blok agar unjuk rasa dilakukan sekitaran KAA tapi tidak mengganggu acara,” katanya.

Dalam pengamanan kali ini pihaknya menyiapkan sekira 4.000 personel gabungan yang masing-masing akan dipimpin oleh para perwira menengah (pamen).

Disinggung apakah dalam pelaksanaannya nanti pihaknya akan mendapat bantuan dari Mabes Polri, Iriawan mengatakan, hal tersebut belum dibutuhkan.

Pasalnya untuk membackup personel Polrestabes Bandung bisa menarik pasukan yang berada di wilayah hukum Polda Jabar yang seluruhnya berjumlah 32.000 personel.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)