Satlantas Cimahi Optimalkan Peran Polwan

Kamis, 12 Maret 2015 - 11:30 WIB
Satlantas Cimahi Optimalkan Peran Polwan
Satlantas Cimahi Optimalkan Peran Polwan
A A A
CIMAHI - Petugas Satlantas Polres Cimahi berupaya menyosialisasikan penegakan tata tertib berlalu lintas di jalan raya di kalangan pelajar. Melalui pendekatan nilai-nilai humanis dan peran aktif dari polisi wanita (polwan) mereka terus melakukan patroli dari satu tempat ke tempat lain.

Para Polwan yang baru lulus pendidikan ini berpatroli dengan kendaraan patroli yang hiasi berbagai aksesori bertema Hello Kitty. Bukan hanya tampilan luarnya saja, interior di dalamnya seperti jok dan stir mobil juga memakai pernak pernik berwarna pink, ciri khas Hello Kitty. Petugas Patroli Polwan Hello Kitty Aipda Nina Parlina mengatakan ide Satlantas Polres Cimahi ini muncul agar polisi terlihat humanis dan memberikan rasa nyaman bagi warganya.

“Polisi adalah sahabat masyarakat, teguran yang kami sampaikan karena kami semua sayang kepada nyawa sendiri. Jangan hanya karena lalai tak memakai helm, lalu mengalami kecelakaan, dan menyebabkan diri sendiri serta orang lain menjadi korban,” katanya kemarin. Selain memberikan pamflet imbauan kepada pelajar dan warga Cimahi, mereka pun memberikan imbauan kepada setiap pengguna kendaraan supaya tertib berlalu lintas.

Seperti membawa surat izin mengemudi (SIM), mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor, dan memakai safety belt saat mengendarai mobil. Tidak hanya pengendara sepeda motor, para pelajar yang sedang nongkrong dan berkeliaran di jam sekolah pun tak luput dari imbauan Polwan Hello Kitty.

Mereka diberikan arahan agar mematuhi apa yang disampaikan petugas. “Mau jajan ke depan pakai motor tapi kepergok polwan, jadi tadi sempat di peringatkan,” kata Bobi Anggara, 14, Pelajar SMPN 6 Cimahi yang saat itu sedang mengendarai motor. Kepala SMPN 6 Kota Cimahi Asep Iriawan mengatakan pihaknya sudah mengimbau kepada setiap siswa agar tidak membawa sepeda motor kesekolah.

Pihaknya mengaku apresiatif kepada upaya Satlantas Polres Cimahi dalam penegakan tata tertib berlalu lintas di Kota Cimahi terutama kepada para pelajar. “Sekitar 1.200 siswa kami larang membawa sepeda motor. Kalau ada siswa yang rumahnya jauh dari sekolah, kami imbau orang tuanya agar mengantarkan lalu menjemputnya ke sekolah,” jelas Asep.

Para Polwan Hello Kitty ini akan beroperasi pada jam-jam sibuk antara pukul 06.00-08.00 WIB dan 16.00-18.00 WIB di berbagai wilayah yang rawan terjadinya pelanggaran dan kemacetan lalu lintas.

Nur azis
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4429 seconds (0.1#10.140)