Kumuh, Pasar Langlangbuana Dibongkar

Kamis, 12 Maret 2015 - 10:53 WIB
Kumuh, Pasar Langlangbuana Dibongkar
Kumuh, Pasar Langlangbuana Dibongkar
A A A
KUNINGAN - petugas Satpol PP Kabupaten Kuningan akhirnya membongkar Pasar Langlangbuana di ruas Jalan Raya Siliwangi yang selama ini terlihat kumuh dan terbengkalai, kemarin.

Pembongkaran kompleks pasar yang awalnya hanya sebagai pasar sementara pasca kebakaran Pasar Kepuh pada 2001 tersebut berjalan lancar tanpa ada halangan ataupun protes dari para pedagang. Menurut Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Kuningan Hendrayana, pihaknya telah memberi waktu tenggang hingga 9 Maret lalu bagi para pemilik kios untuk membongkar sendiri.

“Pasar Langlangbuana ini sudah menjadi perhatian Pemkab Kuningan karena kondisinya sejak beberapa tahun terakhir ini terbengkalai dan kumuh. Dari hasil pembahasan beberapa instansi terkait, akhirnya diputuskan untuk dilakukan renovasi total dan sudah disosialisasikan kepada para pedagang yang tersisa untuk mulai berkemas dan akhirnya hari ini dilakukan pembongkaran oleh kami,” ujar Hendrayana di sela-sela penertiban.

Disebutkan Hendra, jumlah kios di Pasar Langlangbuana tersebut sebanyak 40 namun hanya belasan saja yang masih digunakan untuk berjualan. Sedangkan sisanya dibiarkan terbengkalai selama bertahun-tahun sehingga keberadaannya kini sudah lapuk dan kumuh. Akibatnya, kios-kios kosong dan kumuh tersebut kerap dijadikan tempat tinggal gelandangan bahkan dijadikan tempat mesum.

Pasar yang memiliki luas lahan 1.000 meter persegi tersebut, kata Hendra , rencananya akan dibangun sedemikian rupa menjadi pasar permanen tiga lantai. Keberadaan pasar tersebut akan di prioritaskan bagi para penghuni yang lama dan pedagang kaki lima yang selama ini banyak berjejer di sepanjang Jalan Siliwangi.

“Katanya Pasar Langlangbuana ini akan dibangun tiga lantai menyatu dengan deretan pertokoan permanen di sebelah barat . Namun, dibangunan yang baru nanti akan diprioritaskan bagi para PKL yang selama ini berdagang di trotoar Jalan Siliwangi,” ujar Hendra.

Mohamad taufik
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6000 seconds (0.1#10.140)