Polda Janji Tuntaskan Kasus Korupsi Pemeliharaan Jalan di Bogor

Rabu, 11 Maret 2015 - 18:07 WIB
Polda Janji Tuntaskan Kasus Korupsi Pemeliharaan Jalan di Bogor
Polda Janji Tuntaskan Kasus Korupsi Pemeliharaan Jalan di Bogor
A A A
BANDUNG - Kepolisian Daerah Jawa Barat berjanji akan menuntaskan penanganan kasus dugaan korupsi pemeliharaan jalan dan jembatan di Kabupaten Bogor tahun 2014.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono menanggapi adanya aksi demontrasi dari Pergerakan Mahasiswa Peduli Bogor (PMPB) di Mapolda Jawa Barat, Rabu (10/3/2015).

Menurut mantan Kabid Humas Polda Papua ini sesuai arahan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol M Iriawan penanganan kasus korupsi akan menjadi atensi dan akan dituntaskan penanganannya.

"Ya sekarang ini tentunya berikan kesempatan penyidik tipikor untuk mengumpulkan barang buktinya agar kasusnya bisa segera dinaikkan ke tingkat penyidikan, " kata Pudjo kepada Sindonews.com, Rabu (10/3/2015).

Pudjo juga menampik jika kasus ini akan dipetieskan oleh Polda Jawa Barat. Menurut dia saat ini penyidik masih menunggu audit kerugian negara dari BPKP mengenai hal tersebut.

"Jadi jangan bersuudzon (berburuk sangka) dulu lah berikan kita (Polda Jabar) waktu untuk menanganinya, " timpal Pudjo.

Sementara itu sebelumnya pada Rabu siang (10/3/2015) sejumlah massa dari PMPB menggelar aksi demontrasi dan teatrikal di Mapolda Jawa Barat.

Mereka menuntut penuntasan kasus dugaan korupsi yang terjadi di Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Bogor yang saat ini sedang ditangani Unit Tipikor Ditreskrimsus Polda Jabar.

"Kami sengaja melakukan aksi ini, karena kami peduli dengan pembangunan di Kabupaten Bogor. Melalui aksi ini, kami menuntut Polda Jabar agar segera menuntaskannya. Pejabat yang terlibat dalam dugaan korupsi pemeliharaan jalan di DBMP Kabupaten Bogor ini harus segera ditetapkan statusnya sebagai tersangka," ujar Ketua PMPB Ruli Harja.

Pemuda ini menuturkan, aksi ini menunjukkan kepada Polda Jabar bahwa kasus dugaan korupsi dana pemeliharaan sebesar Rp18,5 miliar sudah menjadi konsumsi masyarakat Kabupaten Bogor. Karena itulah, pihaknya akan mengawal kasus ini hingga tuntas.

"Karena itu, kami ingatkan Polda Jabar agar serius menangani masalah ini," katanya.

Ruli berharap, dengan adanya aksi mahasiswa Bogor ke Polda Jabar akan melecut semangat penyidik Polda Jabar untuk mengusut tuntas kasus ini.

Menurut Ruli saat berunjuk rasa pihaknya diterima beraudiensi dengan AKBP Supriatna perwakilan dari Polda Jawa Barat.

Pihak polda, kata dia, meminta waktu seminggu ini untuk menunjukan kinerjanya sambil menunggu audit kerugian negara dari BPKP.

Hal Senada juga diungkapkan Ketua Pergerakan Rakyat Bogor (PRB) Ruhiyat Sujana. Menurut dia Polda Jawa Barat jangan mempetieskan kasus ini karena imbas dari korupsi ini warga di Kabupaten Bogor yang merasakannya.

"Imbasnya dari dikorupsinya dana pemeliharaan jalan tentunya banyak sekali jalan-jalan di Bumi Tegar Beriman ini yang kualitas pengerjaannya asal jadi sehingga mudah sekali rusak, " kata Ruhiyat.

Berikut foto sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bogor yang mengalami kerusakan

Jalan Bojonggede

Jalan Pamijahan Jalur CempalangJalan Camat Enjan di Cileungsi
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7280 seconds (0.1#10.140)