Uji Nyali Arung Jeram Bedegung

Minggu, 08 Maret 2015 - 10:08 WIB
Uji Nyali Arung Jeram Bedegung
Uji Nyali Arung Jeram Bedegung
A A A
MUARAENIM - Anda suka jalan-jalan, suka tantangan sambil menikmati keindahan alam, saatnya menikmati lokasi wisata Air Terjun Curup Tenang atau yang familiar disebut Air Terjun Bedegung di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim.

Akses menuju lokasi air terjun tersebut sangat mudah. Sekitar 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat dari Kota Muaraenim kita sudah bisa sampai di tempat tujuan. Jaraknya tidak begitu jauh dari akses utama Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Tanjung Enim-Baturaja, hanya sekitar 5 kilometer dari ruas jalan nasional tersebut.

Selain menyajikan panorama alam yang asri, menikmati dan meman dang air yang tercurah dari ketinggian tidak kurang dari 90 meter dan mengalir ke sungai di bagian bawah, akan memberikan sensasi tersendiri. Namun, terasa lebih lengkap dan sempurna, jika Anda mencoba menjajal adrenalin dengan mengarungi jeram dari sungai yang mengalir yang di hilir air terjun Bedegung.

Arung jeram, mungkin tidak semua orang menyukai jenis olahraga air ini. Pasalnya, selain dibutuhkan kekuatan fisik dan ke ahlian, olahraga ini juga mengandalkan kekompakan. Karena jika tidak, maka sulit dicapai keseimbangan saat Anda meluncur di atas perahu karet yang terhempas derasnya arus sungai. Saat ini, pengelola objek wisata air terjun Curup Tenang menyediakan fasilitas arung jeram Sungai Enim di kawasan objek wisata tersebut.

Fasilitas arung jeram disediakan untuk menjawab keinginan pengunjung yang berkunjung. Bagi pencinta sport tourism, keinginan tersebut akan terjawab jika mengunjungi objek wisata Air Terjung Curup Tenang. Saat ini pengelolaan objek wisata Air Terjun Curup Tenang sepenuhnya di bawah Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Muaraenim.

Melalui UPTD Bedegung, pihak Disporapar Kabupaten Muaraenim terus mengembangkan dan mengelola kawasan tersebut. Kepala UPTD Bedegung, Juhartono menuturkan, minat pengunjung yang ingin menjajal atau menikmati arung jeram cukup tinggi. Menurutnya, tidak sedikit instansi yang sudah memesan jauh hari untuk melakukan kegiatan arung jeram bersama saat libur kerja.

“Peminatnya sangat tinggi dan rata-rata pengunjung antusias mencoba dan ikut menjajal arus Sungai Enim,” jelasnya. Saat ini pihaknya memiliki persediaan tujuh unit perahu karet dengan kapasitas enam penumpang yang dapat digunakan pengunjung untuk melakukan arung jeram. Pihaknya juga memiliki beberapa perahu yang digunakan untuk rescue. Karena setiap lintasan, pengunjung akan didampi ngi tim rescue dari UPTD Bedegung.

Tim pendamping semuanya sudah memiliki sertifikat di bidang olahraga arung jeram sehingga pengunjung lebih merasa aman dan tidak cemas. “Jangan khawatir. Pokoknya, tim kami terus melakukan pendampingan selama pengunjung melintasi lintasan arung jeram sampai ke titik penjem putan sesuai dengan grade lintasan,” ujarnya.

Pengunjung yang berminat mencoba arung jeram, kata dia, lebih asyik jika berasal dari kelompok atau organisasi sehingga satu sama lain sudah saling mengenal dan lebih kompak. Kekompakan dalam satu tim, sangat penting dalam mengenda likan perahu selama melintasi lintasan arus. “Sebelum berangkat akan dilakukan briefing tim dan selama peserta mengikuti petunjuk serta arahan dari pendamping tidak perlu khawatir selama menjajal lintasan,” ujarnya.

Untuk lintasan, pihaknya menyediakan dua grade.Grade pertama termasuk lintasan pendek dan kedua untuk lintasan panjang. Pembedanya adalah jarak tempuh dari titik start hingga ke titik penjemputan. Untuk peserta pemula, biasanya diperbolehkan ikut untuk grade pendek sedangkan peserta berpengalaman lebih memilih grade kedua atau lintasan panjang.

“Lintasan yang dilalui tetap sama, hanya saja jarak tempuhnya ada yang dekat dan jauh. Namun, meski dikatakan dekat , rata-rata peserta mengaku puas karena sudah menjajal lintasan arung jeram di sini, dan mereka mengaku ingin kembali mencoba,” ujarnya.

Irhamudin sutan parmato
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5583 seconds (0.1#10.140)