UGM Kembangkan Ekonomi Produktif

Sabtu, 07 Maret 2015 - 10:17 WIB
UGM Kembangkan Ekonomi Produktif
UGM Kembangkan Ekonomi Produktif
A A A
KULONPROGO - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UGM tertarik untuk ikut mengentaskan kemiskinan di Kulonprogo.

Mereka siap melakukan pendampingan kepada anak-anak sekolah melalui program ekstrakurikuler ekonomi kreatif. “Sengaja kami sasar anak-anak sekolah dari SD sampai SMA untuk mengentaskan kemiskinan. Ini lain dan tidak biasa,” kata Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Yogyakarta, John Soeprihanto.

Untuk tahap awal, program ini menyasar pada anak-anak SD di wilayah Kokap. Sengaja dipilih Kokap karena di Kecamatan ini paling banyak terdapat warga miskin. Untuk itulah nanti anak-anak SD tidak hanya dibuatkan kolam ikan. Namun juga teknik pengelolaan dan perawatan ikan agar hasilnya lebih produktif.

Selain budi daya perikanan, UGM juga akan membantu mengoptimalkan bahan-bahan lokal. Seperti membuat kerajinan dari potensi bambu. Nantinya guru akan dilatih kerajinan bersama para pelajar hingga pembuatan empon-empon dan apotek hidup. “Harapan kami, anak-anak saat dewasa bisa mandiri dengan bekal keterampilan yang dimilikinya,” ujarnya.

Kepala SDN Plaosan Sunardi mengaku, pihak sekolah menyambut baik dengan adanya program pendampingan dari UGM. Tidak hanya dari guru, anak-anak juga akan belajar keterampilan untuk modal di masa depan. “Semoga bisa sukses dan berhasil baik yang akan memberikan inspirasi bagi SDSD lainnya,” tandasnya.

Kuntadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6700 seconds (0.1#10.140)