Kapal Terbalik, 26 ABK Diselamatkan Nelayan Batang

Kamis, 05 Maret 2015 - 11:02 WIB
Kapal Terbalik, 26 ABK...
Kapal Terbalik, 26 ABK Diselamatkan Nelayan Batang
A A A
BATANG - Sebanyak 26 anak buah kapal KMN Marcel Jaya 20 asal Muara Angke berhasil diselamatkan nelayan Batang, setelah lebih dari dua hari terombang-ambing di Laut Jawa. Kapal para nelayan asal Muara Angke itu terbalik setelah dihantam ombak di Perairan Cirebon.

"Berangkat Minggu 1 Maret sekitar jam 20.00 WIB. Senin 2 Maret jam 14.00 WIB, kapal tiba-tiba dihantam ombak dari sebelah kiri dan langsung terbalik di Perairan Cirebon. Sehingga kami tidak bisa menyelamatkan barang-barang bawaan," kata nahkoda KMN Marcel Jaya 20, Zakaria (44).

Diungkapkan, saat itu cuaca sekitar dalam keadaan buruk. Ketinggian ombak sekitar lebih dari 2,5 meter.

"Rabu subuh 3 Maret ada kapal lewat, kami melambai minta tolong, kemudian ditolong. Ternyata dari nelayan Batang, sehingga kami dibawa ke sini (Satuan Polisi Air Batang). Kemudian kami dikasih makan oleh teman-teman nelayan Batang," ungkap warga Biruen, Aceh itu.

Selama terapung sekitar dua hari dua malam, dia bersama ABKnya tidak makan maupun minum. Sehingga kebanyakan ABKnya dalam keadaan lemas.

"Tidak makan dan minum sama sekali. Tapi ada juga yang nekat makan mi instan yang sudah terkena solar. ABK juga ada yang terlempar hingga 1 km. Tapi terbawa ombak dan kumpul lagi," ujarnya.

Kapal dengan berat 29 GT itu rencananya mencari ikan hingga ke Ambon. Akibat kejadian itu, pihaknya menderita kerugian hingga Rp3 miliar.

"Rencana mau nyari cumi sampai ke Ambon Kerugian total termasuk barang bawaan sekitar Rp3 miliar," tukasnya.

Sementara Kasat Polair, AKP Basuki, mengungkapkan, pihaknya mendapatkan laporan terkait penemuan ABK itu hari Rabu dari nelayan Batang.

"Rabu nelayan batang informasikan ke kami ada ABK dan nelayan yang terapung di Lunas kapal yang terbalik. Alhamdulillah kami selamatkan semua. Kami sarankan merapat di Pelabuhan Batang. Sampai sini sekitar jam 16.00 WIB," timpalnya.

Para korban saat ini masih dalam perawatan Satuan Polisi Air Batang dan dokter kesehatan Polres Batang. Mereka sementara ditempatkan di aula Syah Bandar Kabupaten Batang.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8178 seconds (0.1#10.140)