TURNAMEN ULANGAN

Sabtu, 28 Februari 2015 - 11:19 WIB
TURNAMEN ULANGAN
TURNAMEN ULANGAN
A A A
PALEMBANG - Memanfaatkan kosongnya jadwal akibat diundurnya kick off ISL 2015, Sriwijaya FC berinisiatif menggelar turnamen bertajuk Piala Gubernur Sumsel, 5-19 Maret mendatang.

Entah karena keterbatasan dana atau gagal mencari lawan lainnya, pada turnamen kali ini Laskar Wong Kito lagi-lagi berhadapan dengan Persija Jakarta dan Arema Cronus. Pada turnamen pramusim sebelumnya, ketiga tim pernah bertemu di Trofeo Persija 2015 yang dihelat 11 Januari lalu, dengan hasil akhir ketiganya ditetapkan sebagai juara bersama.

Direktur Kompetisi PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Augie Bunyamin menyatakan, meski sempat disebut-sebut akan mendatangkan beberapa tim dari liga Singapura dan Malaysia, pada akhirnya Piala Gubernur Sumsel diputuskan hanya diikuti tiga klub domestik saja.

“Itu telah jadi kesepakatan kita (manajemen SFC) bahwa Piala Gubernur Sumsel akan diikuti tiga peserta saja,” kata Augie. Augie menjelaskan, awalnya memang banyak kontestan yang ikut menyatakan minatnya dalam turnamen yang akan digelar. Akan tetapi, karena alasan efisiensi waktu, maka diputuskan turnamen kali ini hanya diikuti tiga kontestan termasuk tuan rumah.

“Alasannya karena efisiensi waktu. Sebab kalau kita mengundang banyak tim, pastinya jumlah pertandingan juga akan banyak dan tim peserta lainnya takut cedera. Faktor rentan cedera itu juga kami pikirkan jangan sampai terjadi ketika kompetisi ISL berlangsung setelah turnamen ini,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, laga nantinya akan dilaksanakan di dua tempat yaitu Palembang dan Malang. Menggunakan format home and away, ketiga tim bertanding sebanyak empat kali, sedangkan untuk menentukan juara dengan cara pengumpulan poin peringkat satu dan dua akan bertemu di final.

“Sistem turnamen ini memakai dua putaran, pertama dimainkan away di kandang Arema (SFC dan Persija laga away) pada tanggal 5, 7, dan 9 Maret. Selanjutnya, putaran kedua dimainkan di kandang SFC, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring pada tanggal 12, 14, dan 16 Maret. Lalu laga final diperkirakan berlangsung pada tanggal 18 atau 19 Maret,” paparnya.

Disinggung mengenai penolakan Persib Bandung ikut berlaga di turnamen tersebut, Augie menegaskan hal itu bukan masalah yang perlu dibesar-besarkan. Sebab Persib meminta turnamen digelar tanggal 14 Maret karena 13 Maret mereka baru pulang dari Vietnam berlaga di AFC Cup.

“Iya, awalnya Persib juga ingin ikut. Tapi kita sudah sepakat hanya tiga tim. Jadi mau bagaimana lagi. Selain itu jadwal tidak bisa juga untuk diundur. Tanggal dan format juga sudah kita tetapkan. Sekarang hanya tinggal izin dari pihak kepolisian dan sesuai imbauan kita juga akan meminta izin dari BOPI,” pungkasnya.

Muhammad moeslim
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6257 seconds (0.1#10.140)