Wisata Lava Tour Merapi

Rabu, 25 Februari 2015 - 11:05 WIB
Wisata Lava Tour Merapi
Wisata Lava Tour Merapi
A A A
YOGYAKARTA - Bagi Anda yang doyan menjajal ekstrem dan menantangnya wisata offroad, maka harus mencoba rute Wisata Lava Tour Merapi yang satu ini. Medan yang banyak terdapat tanah berpasir dan batu - batu besar yang ada di sekeliling Kali Kuning, menjadi tantangan menarik yang patut untuk ditaklukkan.

Selain kawasan lereng Merapi lainnya pula. Di rute ini memang tidak sewaktu - waktu bisa dilewati dan dijajal oleh wisatawan sesuka hati. Mengingat Kali Kuning yang masuk dalam kawasan Wisata Kaliurang Hargobinangun Pakem Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu kerap menjadi jalur lahar dingin Gunung Merapi.

Sehingga sudah pasti berbahaya bagi manusia ketika hal itu terjadi. Dan memang untuk bisa menjajal rute ini, Anda sebelumnya harus memastikan terlebih dahulu kepada pengelola wisata. Ketika aman untuk dilalui, dipastikan anda akan merasakan sensasi yang berbeda dari rute - rute lainnya. Kepiawaian driver yang juga sekaligus pemandu dalam membawa kendaraan jeep, juga turut memacu adrenalin para wisatawan yang bersamanya.

Terutama ketika pemandu meliuk - liukkan kendaraan di atas tanah berpasir berulang kali, yang notabene kemungkinan bisa terselip, terbalik, dan terlempar saat itu juga. Karena kemiringan dan sudut belok kendaraan yang termasuk ekstrem. Belum lagi dengan rute sepanjang Kali Kuning yang terjal dan banyak bebatuan besar di sekelilingnya. Serta medan tanah berpasir yang memiliki sudut kemiringan ekstrem dan semakin menambah keasyikan tersendiri.

Namun dengan skill dan pengalaman yang dimiliki driver, anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Bahkan untuk bisa menyesuaikan diri, anda hanya perlu berpegangan erat dan mengikuti irama kendaraan ketika melaju dengan cepat dan melewati tanjakan tinggi maupun berkelok - kelok. Selain bisa memandu dan terampil dalam berkendara, pemandu di sini juga dituntut untuk bisa fotografi dan bercerita kepada para wisatawan.

”Rute Kali Kuning itu sebenarnya tidak dijadwalkan, tapi mulai kita gali lagi. Dan terkadang tamu kita antar ke sana sebagai bonus penyegaran. Itu pun juga melihat situasi dan kondisi. Kalau tidak dimasukkan dalam paket itu karena sering terjadi banjir lahar dingin di sana. Namun jalur lahar ini bisa berubah kalau hujan dan banjir,” ujar Pengelola Kaliurang Adventure Riswanto Nugroho kepada wartawan belum lama ini.

Sebagai salah satu pionir Wisata Lava Tour Merapi, pria yang juga turut mengantarkan para tamu ini memang ingin menyajikan wisata offroad yang berbeda dibandingkan pengelola lainnya. Di samping rute yang lebih menantang, dia juga menyuguhkan wisata offroad malam yang tentu saja kian menantang.

Apalagi dengan pencahayaan yang minim dan hawa udara yang lebih dingin daripada ketika pagi, siang, dan sore hari. Namun suasana malam hari dan keindahan alam lereng Merapi yang berpadu dengan langit malam, pasti akan membuat anda lebih takjub daripada biasanya.

”Wisata jeep itu segala musim bisa dilakukan, tergantung situasi. Ketika hujan lebih seru dan sensasinya berbeda, kalau ketika kemarau diuntungkan tidak basah dan kali (yang dilalui) juga tidak meluap. Bagi yang ingin menikmati suasana dan dinginnya malam, bisa pula menjajal (offroad) malam dengan udara dingin dan gelap,” jelasnya.

Tidak hanya melalui rute - rute yang ekstrem dan lebih menantang, lanjut dia, lewat sajian wisata yang ditawarkan, tamu juga diharapkan bisa turut melihat sisa erupsi Gunung Merapi yang terakhir meletus pada tahun 2010 lalu. Termasuk museum sisa hartaku milik keluarga Sriyanto dan keluarga Siswo Prayitno, serta keluarga Rini yang berada di Dusun Petung Desa Kepuharjo Cangkriman Sleman DIY.

Dan di dalamnya banyak terdapat sisa - sisa barang rumah tangga, kendaraan bermotor, maupun ternak yang pernah terkena awan panas gunung merapi dan berada di Dusun Petung Desa Kepuharjo Cangkringan Sleman. Paket yang ditempuh dengan jarak minimal 18 - 30 kilometer (km) dan lama waktu minimal 1,5 jam hingga tiga jam itu, ditawarkan dengan harga yang bervariasi.

Mulai dari Rp 350.000,- hingga Rp 600.000,- per jeep. Kemudian untuk paket malam ditawarkan seharga Rp 500 - 750 ribu, tergantung paket yang dipilih. Adapun untuk satu jeep bisa menampung hingga empat orang.

Siti estuningsih
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7227 seconds (0.1#10.140)