Hujan dan Angin Kencang Ancam Yogyakarta

Selasa, 24 Februari 2015 - 15:02 WIB
Hujan dan Angin Kencang Ancam Yogyakarta
Hujan dan Angin Kencang Ancam Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Hujan disertai angin kencang masih bakal terjadi di Kota Gudeg Yogyakarta dalam beberapa hari ke depan. Untuk itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta meminta masyarakat mewaspadai segala kemungkinan jika sewaktu-waktu terjadi hujan disertai angin kencang.

"Kondisi hujan disertai angin kencang karena ada pertemuan tekanan udara rendah di barat Australia yang sampai Yogyakarta," kata Staf Data dan Informasi BMKG Yogyakarta Indah Retno Wulan kepada wartawan, Selasa (24/2/2015).

Perbedaan tekanan udara, kata dia, menyebabkan angin kencang saat hujan. Dia menyebut kondisi ini masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan, sehingga perlu kewaspadaan bagi masyarakat.

"Jika ada angin kencang harus meningkatkan kewaspadaan diri," jelasnya.

Puncak musim hujan sudah terjadi pertengahan Januari hingga awal Februari lalu. Saat ini, intensitas hujan sudah mulai menurun meski masih sering terjadi hujan. Musim hujan ini diprediksi berlangsung hingga akhir Maret 2015.

Sedangkan memasuki April, masuk pada musim pancaroba. Artinya, peralihan musim hujan ke musim panas. "Nanti April memasuki pancaroba, kemudian musim panas."

Siang jelang sore kemarin, angin kencang saat hujan melanda Yogyakarta. Banyak pohon besar di pinggir jalan tumbang. Bahkan, ada korban jiwa karena tertimpa pohon asem di Jalan Jenderal Sudirman, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

"Korban yang meninggal kemarin atas nama Catur Setiono, warga Bumijo, Jetis. Siang tadi korban sudah dimakamkan pihak keluarga," kata Kapolsekta Gondokusuman Kompol Eddy Sugiharto.

Tak hanya di Gondokusuman, pohon tumbang juga terjadi di Kecamatan Danurejan, Umbulharjo, hingga Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Begitu juga di wilayah Sleman dan Gunungkidul. Beberapa rumah warga rusak berat akibat disapu angin kencang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7002 seconds (0.1#10.140)