Hujan Iringi Perayaan Malam Imlek 2566

Kamis, 19 Februari 2015 - 11:12 WIB
Hujan Iringi Perayaan Malam Imlek 2566
Hujan Iringi Perayaan Malam Imlek 2566
A A A
SEMARANG - Hujan yang mengguyur Kota Semarang tadi malam tak menyurutkan niat ratusan umat Tri Dharma merayakan Tahun Baru Imlek 2566.

Dengan antusias, mereka mendatangi berbagai kelenteng yang tersebar di kawasan Pecinan Kota Semarang untuk sembahyang memperingati malam pergantian tahun itu. Seperti di Kelenteng Tay Kak Sie, ratusan umat sudah memenuhi kelenteng yang terletak di Gang Lombok Pecinan itu sejak pukul 19.00 WIB. Secara bergantian, mereka melakukan berbagai ritual sembahyang di altar kelenteng dengan khidmat dan menyembah berbagai dewa yang ada di sana.

Acara semakin meriah dengan hiburan drumband, kesenian liong NagaDoreng, danbarongsaidari satuan Yon Arhanudse Semarang. Kehadiran mereka di kelenteng itu mampu menjadi magnet bagi umat namun juga warga sekitar. “Sebenarnya tidak ada acara khusus pada malam ini (tadi malam), hanya pukul 24.00 WIB, umat akan berkumpul untuk bersembahyang menyambut Tahun Baru Imlek. Kalau Naga Doreng dan drumband ini hanya untuk memeriahkan,” kata Humas Kelenteng Tay Kak Sie,Gunawan, tadi malam.

Dia menambahkan, Tahun Baru Imlek ini merupakan pergantian dari tahun kuda ke kambing. Karena dalam tahun ini ada beberapa masyarakat yang bershio kambing, kerbau, ayam, kelinci, babi, ular, dan banyak pantangannya pada tahun ini. “Untuk itu, kami umat Tri Dharma berdoa di kelenteng ini dan berharap tahun baru ini dijauhkan dari mara bahaya. Juga kami berharap tahun ini akan mendapatkan kemurahan rezeki,” ujarnya.

Untuk kegiatan hari ini, lanjut Gunawan, umat Tri Dharma akan menghabiskan waktu berkunjung ke sanak keluarga. Biasanya, tradisi ini akan saling berkunjung ke keluarga paling tua. “Jadi benar-benar dimanfaatkan untuk silaturahmi bersama keluarga. Tidak ada acara khusus karena acara menyambut Imlek sudah diselenggarakan beberapa hari lalu melalui Pasar Imlek Semawis,” katanya.

Salah satu umat Tri Dharma, Gunadi Hadinata, 35, mengaku senang dengan datangnya Tahun Baru Imlek 2566. Apalagi malam pergantian tahun diguyur hujan cukup deras. “Mudah-mudahan ini pertanda akan melimpahnya rezeki pada tahun baru ini. Semoga tahun ini kami diberikan kemudahan dalam berbagai hal dan dihindarkan dari bencana,” katanya. Dia juga berharap pada tahun baru ini, Indonesia semakin aman dan makmur.

Andika prabowo
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4701 seconds (0.1#10.140)