KA Cireks Cirebon Dimodifikasi

Kamis, 19 Februari 2015 - 10:54 WIB
KA Cireks Cirebon Dimodifikasi
KA Cireks Cirebon Dimodifikasi
A A A
CIREBON - PT Kereta Api In do ne sia Daerah Operasi (KAI) Da op 3 Cirebon meluncurkan satu tr ain setKA Cirebon Ekspres tujuan Cirebon-Gambir dengan kereta baru modifikasi atau retrofit.

KA Cireks tersebut di luncurkan kemarin sebagai inovasi lain PT KAI yang diklaim guna meningkatkan pelayanan mo da tran sportasi KA yang nya man dan aman bagi para penggunanya. Rangkaian KA Cireks yang diluncurkan terdiri dari li ma kereta kelas eksekutif (5-K1) dan dua kereta kelas bisnis (2-K2).

Manager Corporate Commu nication Daop 3 Cirebon Sup riyanto menjelaskan, retro fit berarti per ubahan/mo difikasi ruang interior dan eks terior kereta. Dengan begitu, ini ber arti gerbong KA Cireks yang baru merupakan hasil modifikasi, dari semula gerbong kelas bisnis yang dibuat menjadi ger - bong kelas eksekutif. Penggantian rangkaian KA Ci reks dengan kereta yang telah di modifikasi ini bertujuan memanjakan penumpang KA dengan tambahan fasilitas di dalamnya.

“Dengan begitu, pe umpang memiliki kesan per ja lan an mereka terasa lebih me wah dan nyaman layaknya hotel berjalan,” ungkap dia di sela laun ching. Modifikasi rangkaian KA Cireks khususnya untuk kelas eksekutif sendiri meliputi tam pil an interior dalam kereta, yang diganti dengan modul alumunium coating bernuansa minimalis.

Sementara tampilan eksterior dicat ulang dengan listbaru. Penumpang pun akan dimanjakan dengan fasilitas tambah an seperti penerangan di dalam kereta menggunakan Lam pu LED, Wifi, CCTV, serta konsep interior yang menampilkan seni lukisan kaca, heritage, batik khas Cirebon, perkembangan Cirebon, dan perkembangan KA dari masa ke masa.

Rangkaian kereta kelas eksekutif berkapasitas tempat duduk hanya 48 kursi. Di da lamnya dilengkapi dengan dua unit LED TV 32 inchi di ujung rangkai an kereta dan dua unit LED TV 27 inchi di bagian tengah rang kaian kereta. Selain itu, terdapat mejamakan (dining table) di setiap kursi. Pada setiap rangkaian terdapat dua jenis toilet (duduk dan jongkok) dengan sistem toilet ramah lingkungan (TRL), yang dilengkapi sensor tampilan toi let (jika di dalamnya ada orang mau pun asap rokok).

“Sedangkan modifikasi pada rangkaian baru kereta bisnis berupa perbaikan pada bagian eksterior dan interior kereta, serta di dalamnya ditambahkan fasilitas 2 unit LED TV 32 inchi,” tambah dia. Direktur Komersial PT KAI Bam bang Eko Martono saat melaunc hing KA Cireks ter se but menyatakan, dengan mo bi li tas warga Cirebon menuju Jakarta ataupun sebaliknya, men jadi tantangan tersendiri bagi PT KAI untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan.

Tidak hanya rasa aman, ke nya man an juga menjadi hal tak ka lah penting bagi para pe num pang KA. “Kereta retrofit ini merupakan hasil produksi kami sendiri, dari Balai Yasa Mang ga rai dan Daop 3 Cirebon,” jelasnya. Wakil Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis dalam ke semp at an itu meminta kenyamanan dan fasilitas pada KA Cireks di ja ga bersama.

“Harus ada dua pi hak yang bekerja sama, selain PT KAI yang merawat semua pe nu m pang juga sama-sama ha rus merawat dan merasa me mi li ki,” cetusnya. Sementara, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro me nyatakan, secara bertahap seluruh rang kaian KA Cireks akan diganti dengan rangkaian baru.

Erika lia
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7216 seconds (0.1#10.140)
pixels