Mobil GURT F15 UNY Siap Wakili Indonesia

Selasa, 17 Februari 2015 - 12:02 WIB
Mobil GURT F15 UNY Siap Wakili Indonesia
Mobil GURT F15 UNY Siap Wakili Indonesia
A A A
YOGYAKARTA - Setelah menang di International Student Green Car Competition (ISGCC) di Seoul, Korea Selatan, Garuda UNY Racing Team (GURT) akan bertarung di 2015 Student FormulaJapan(SFJ) 2015.

Berbekal pengalaman yang telah di miliki beberapa tahun, GURT siap menunjukkan kepiawaian membuat dan memodifikasi mo bil for mula. “Kami saat ini sudah ter daftar secara resmi di 2015 Student Formula Japan. Kami mendapat nomor mobil 76. Saat ini kami membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak dan sangat terbuka untuk kerja sama sponsorship karena dana hingga saat ini masih menjadi kendala utama kami,” kata Ketua Umum Delegasi 2015 SFJ Bondan Prakoso kemarin.

Keikutsertaan GURT dalam 2015 Student Formula Japan telah mendapat dukungan penuh dari Rektor UNY Rochmat Wahab. Meskipun masih me ne - mukan b anyak kendala terkait persiapan tim, Bondan op ti mis - tis kendala tersebut dapat se ge - ra diatasi. Beberapa kendala la - in nya selain anggaran adalah pe nyediaan bahan mobil dan berkas-berkas administrasi.

“Ini pertama kalinya GURT ikut SFJ, jadi semua serba baru tahu. Tapi kami yakin karena ka mi memiliki tim yang hebat dengan anggota yang kompeten di bidangnya. GURT optimistis mem bawa pulang label juara dengan target minimal pada dua kategori perlombaan,” ung kap Bondan Prakoso. Mobil formula GURT yang akan ikut 2015 SFJ diberi nama Garuda F15. Mobil tersebut dirancang dapat mencapai ke ce - pa tan hingga 120 km/jam dengan perkiraan rata-rata 0- 100meter dalam 4 detik. Untuk meningkatkan kemampuan akselerasi, tim teknisi GURT meningkatkan kemampuan me sin dari 40 horse power (HP) men - jadi 45 HP. Anggota GURT Teguh Arifin menuturkan, 2015 SFJ merupakan kompetisi otomotif di atas ISGCC.

Selama ini yang berhasil menembus kepeser taan nya dari Indonesia hanya mobil dari ITB, UGM, dan ITS. “Tipe perlombaan memang berbeda dengan ISGCC yang lebih menekankan pada mobil ramah lingkungan. Untuk SFJ, yang disasar ialah mobil formulanya,” ujarnya. Meski memutuskan berpartisipasi di 2015 SFJ, GURT juga tetap akan mengikuti 2015 ISGCC.

Ratih keswara
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7480 seconds (0.1#10.140)