Sungai Meluap, Kantor Bupati Kendal Kebanjiran

Jum'at, 13 Februari 2015 - 13:34 WIB
Sungai Meluap, Kantor Bupati Kendal Kebanjiran
Sungai Meluap, Kantor Bupati Kendal Kebanjiran
A A A
KENDAL - Luapan Sungai Kendal, mengakibatkan sembilan kelurahan di Kecamatan Kendal, terendam banjir hingga ketinggian 50 centimeter. Tak terkecuali Kompleks Perkantoran Bupati Kendal.

Berdasarkan pengamatan di lokasi banjir, tampak Kompleks Perkantoran Bupati Kendal terendam hingga 30 centimeter. Pintu masuk ke kantor bupati tidak bisa dilalui sepeda motor, hanya mobil dengan roda tinggi yang bisa menerjang banjir.

Selain merendam kantor bupati, banjir juga menggenangi rumah dinas dandim, dan ketua DPRD Kendal. Banjir juga menggenangi ratusan rumah di sembilan kelurahan, di Kecamatan Kota Kendal.

Sembilan kelurahan yang terendam banjir itu, yakni Kebondalem, Kalibuntu, Pegulon, Patukangan, Pekauman, Ngilir, Balok, Langenharjo, dan Trompo. Menurut warga, air sudah masuk ke dalam kampung dan rumah mereka sejak dini hari tadi.

Ketinggian air diperkirakan akan terus bertambah akibat luapan Sungai Kendal, dan curah hujan yang cukup tinggi. Sejumlah wilayah yang paling parah terendam banjir, berada di sepanjang aliran Sungai Kendal.

Menurut salah satu warga Budi Yuliono, banjir yang terjadi di kampungnya selalu terjadi saat hujan deras. Untuk itu, warga masih bertahan dan tidak mengungsi, karena air akan surut dalam hitungan jam.

Warga hanya berjaga-jaga di pintu masuk kampung untuk mengantisipasi luapan air sungai lebih tinggi.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal Paul Simamora mengatakan, banjir terjadi akibat hujan deras di wilayah atas. Hingga kini, pihaknya masih melakukan penyisiran ke sejumlah wilayah banjir.

Banjir di Kota Kendal memang kerap terjadi, sebagai dampak hujan lebat di wilayah atas. Air dari bendungan dialihkan ke Sungai Kendal, meski kecil untuk mengantisipasi jebolnya tanggul dua sungai besar, yakni Sungai Bodri dan Sungai Blorong.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6093 seconds (0.1#10.140)