Pengiriman Paket Makanan Dihentikan

Rabu, 11 Februari 2015 - 15:15 WIB
Pengiriman Paket Makanan Dihentikan
Pengiriman Paket Makanan Dihentikan
A A A
PALEMBANG - Bencana banjir yang terjadi di Jakarta dua hari terakhir ikut berdampak pada sektor usaha di Palembang. Perusahaan jasa pengiriman khususnya paket makanan menghentikan sementara pengiriman.

“Banjir yang terjadi di sejumlah titik strategis di Jakarta dan sekitarnya sangat berimbas terhadap distribusi pengiriman. Bahkan, pengiriman mengalami penurunan hingga 20% dari kondisi normal. Khusus pengiriman makanan ke Jakarta untuk sementara waktu di tunda dahulu sembari me nunggu menyusutnya banjir diJakarta,” kata Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) Sumsel Muhammad Daud, kemarin.

Menurut dia, bukan hanya jalan protokol di Jakarta yang terendam banjir. Akan tetapi, jalur-jalur perkampungan yang biasa menjadi jalur alternatif juga terendam. Hal itu membuat pihaknya kesulitan untuk sampai ke titik pengiriman. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, akibat banjir itu pula, pengiriman yang biasanya sampai ke pelanggan dalam waktu satu atau dua hari bisa memakan waktu hingga tiga hari lebih.

Kendati mengalami hambatan, lanjut dia, sebagian besar konsumen mengerti dan memahami kondisi tersebut. Apa lagi setelah dikeluarkannya imbauan ke pelanggan terkait banjir di Jakarta. “Khusus untuk makanan pempek yang sudah basi karena keterlambatan pengiriman, kami tawarkan opsi peng gan tian makanan. Kalau kerupuk masih bisa bertahan.

“Alham dulillah, konsumen menerimanya,” terang Branch Manager PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Palembang ini. Begitu pula untuk kiriman berupa dokumen, kata dia, walaupun tidak mengalami kerusakan, durasi pengiriman juga mengalami keterlambatan akibat dari banjir tersebut.

“Secara komprehensif, dari total pengiriman sekitar 40% pengiriman didominasi makanan, sedangkan sisanya 60% berupa dokumen dan lainnya. Ya, kalau untuk pengiriman di luar Jakarta tidak mengalami gangguan, mengingat kiriman dilakukan melalui maskapai penerbangan,” jelasnya.

Setali tiga uang, Sekretaris Asperindo Sumsel H Haris Jumadi menambahkan, rata-rata pengiriman yang dilakukan masyarakat didominasi oleh paket makanan berupa pem - pek, dokumen dan lainnya dengan dominasi tujuan cenderung daerah Pulau Jawa dan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). “Memang bencana banjir Jakarta sangat mengganggu distribusi pengiriman barang.

Kami sudah menginformasikan kesemua pelanggan terkait banjir di Jakarta. Untuk penurunan akibat banjir belum terasa. Tapi pengiriman paket kebeberapa daerah mulai terasa keter lambatan pengirimannya,” kata Direktur PT Tiki Kantor Utama Palembang itu seraya mengatakan, secara kuantitas realisasi peng iriman paket, baik masuk maupun keluar sekitar 1,5 ton per hari.

Darfian jaya suprana
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5756 seconds (0.1#10.140)