Belum Ditempati, Rusunawa Rawan Rusak

Jum'at, 06 Februari 2015 - 01:01 WIB
Belum Ditempati, Rusunawa Rawan Rusak
Belum Ditempati, Rusunawa Rawan Rusak
A A A
KENDAL - Bangunan rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) yang terletak di Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kendal, Jawa Tengah, rawan rusak. Kekhawatiran itu muncul lantaran bangunan yang sudah selesai proses pembangunannya akhir 2013 itu hingga kini belum ditempati.

Ketua Kelompok Kajian Advokasi Marjinal, Rusmono Rudi Nuryawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kendal perlu segera memfungsikan rusunawa tersebut.

“Kalau tidak segera ditempati, dikhawatrikan akan rusak. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, tentu tidak ada yang merawat,” ujarnya, Kamis (5/2/2015).

Menurutnya, pembangunan rusunawa tersebut telah menelan anggaran puluhan miliar dari pemerintah pusat. Sehingga, Pemerintah Kabupaten Kendal harus segera mengambil langkah supaya rusunawa dapat dioperasionalkan. “Jangan sampai waktu mulai ditempati sejumlah bangunannya sudah rusak,” lanjutnya.

Kepala UPTD Wilayah 1 Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptaru) Kecamatan Kendal, Sugiyono mengatakan bahwa pengoperasionalan Rusunawa sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Bupati. Namun, sampai saat ini terkait tarif sewa belum ada payung hukumnya.

“Kalau Peraturan Bupati tentanng rusunawa sudah ada, tapi tarif sewa rusunawa belum ada, sehingga belum bisa ditempati. Apakah sistem sewanya nanti bulanan, atau tahunan dan berapa biaya tiap bulan belum ada dan masih proses pengajuan,” ujarnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8743 seconds (0.1#10.140)
pixels