Dicat Warna Khas Palembang

Rabu, 04 Februari 2015 - 13:12 WIB
Dicat Warna Khas Palembang
Dicat Warna Khas Palembang
A A A
PALEMBANG - Pembangunan terowongan underpass Simpang Patal dipastikan rampung minggu depan. Setelahnya, akan dilakukan pengecatan badan underpass dengan warna khas dari budaya masyarakat Palembang.

Hal ini dkatakan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Metropolis Palembang Balai Besar Jalan Nasional III Kementerian Pekerjaan Umum, Aidil Fiqri, kemarin. Ia mengatakan, tahapan pengecatan sudah dimulai pagi tadi (kemarin). Dimana pengecatan awal pada dinding bangunan. Sementara, pilihan warna yang digunakan yakni warna merah manggis yang dinyakini sebagai ciri khas dari Palembang.

“Iya,tadi sudah ngecet. Memang dibagian luar dulu, selagi menunggu lantai dan dinding terowongan selesai. Catnya me mang khusus dipilih itu,” ungkapnya. Rencananya, kata dia, pemilihan terhadap warna merah manggis guna menjadikan underpass pertama di Kota Palembang itu sebagai icon kota.

Selain akan dicat utuh dengan warga manggis, pada bagian list (garis) tertentu akan dilakukan pengecatan kuning keemasan. Warna kuning keemasan inipun menjadi pelengkap warna merah manggis yang lebih dominan. “Jadi benar-benar warna Palembang yang dipilih agar nantinya bisa jadi icon kota,” katanya.

Proses pengecatan warna khas Palembang ini, dikatakan Aidil menjadi tahap finishing (penyelesaian) proses pengerjaan underpass. Sebelumnya, Balai Besar Jalan Nasional wilayah III memprediksikan pembangunan terowo ngan underpass akan selesai pada awal Februari. Akan tetapi, meski telah selesai pembangunan lantai terowongan underpass, perlu dilakukan proses pengetesan (uji coba).

“Saat ini, pihak Balai sedang berkordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum dalam uji coba ini. Tapi belum mendapatkan jadwal pasti,” ujarnya. Ia menambahkan, proses uji coba yang disebut dengan nama uji pembebanan merupakan syarat mengetahui ketahanan bangunan jalan bersangkutan. Syarat itu sebagai penentu kesiapan jalan bisa dibuka dan difungsikan untuk umum.

Proses melakukan uji pembebanan akan langsung dilakukan pihak Kementrian Pekerjaan Umum, “Uji teknis pembebanan dulu baru dibuka. Meski sudah selesai dibangun, harus diuji coba. Target penyelesaian maksimal pada bulan Februari ini,”tukasnya.

Akan tetapi, Aidil memastikan pembangunan underpass paling lama akan selesai sebelum akhir Februari. Untuk launching dan uji coba pada masyarakat umum masih dalam pembahasan bersama pihak Kementrian Pekerjaan Umum.

Sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Harun Nurasyid, mengatakan, pembangunan underpass sudah masuk tahap pengecatan setelah penyelesaian pembangunan terowongan. Targetnya, pada awal Februari sudah dilakukan proses uji coba perlintasan terowongan.

Tasmalinda
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5499 seconds (0.1#10.140)