Tanah ini Terpapar Limbah

Minggu, 01 Februari 2015 - 10:49 WIB
Tanah ini Terpapar Limbah
Tanah ini Terpapar Limbah
A A A
Entah mimpi buruk apa yang dialami oleh warga di empat desa di kawasan Kecamatan Ran caekek, Kabupaten Bandung.

Sejak dua dekade terakhir warga Desa Linggar, Sukamulya, Jelegong, dan Bojong Loa harus rela kehilangan pro duktivitas bercocok tanam di kawasan pertanian. Tak tang gung-tanggung sekitar 1000 hektare areal persawahan terendam lim bah industri tekstil. Limbah tiga perusahaan tekstil di kawasan timur Priangan itu, men jadi penyebab warga kehilangan lahan bertaninya.

Setiap hari, tidak kurang dari 20.000 meter kubik limbah dieluarkan oleh PT Insan Sandang Inter Nusa, Five Star, dan pabrik teks til terbesar se-Asia Tenggara Ka hatex. Limbah itu dibuang ke Sungai Ci kijing yang bermuara di Sungai Citarum. Limbah yang mengandung bahan ber ba haya dan beracun (B3) itu juga mencemari sawah warga. Penderitaan warga tak berhenti dengan terampasnya hak tanam mereka.

Warga juga kini tak pernah lagi me rasakan sejuknya air tanah melalui su mur mereka. Bukan tetes air ber sih yang me reka da patkan, me lainkan bibit pe nyakit kulit mendera. Cerita jernihnya air sungai hanya tinggal isapan jempol belaka yang diceritakan orang tua kepada anak-anak mereka. Sungguh, ta nah ini sudah terpapar limbah!

Teks dan Foto : Djuli Pamungkas
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5760 seconds (0.1#10.140)