Tiga Jenazah Perempuan Korban AirAsia Berhasil Diidentifikasi

Jum'at, 30 Januari 2015 - 19:20 WIB
Tiga Jenazah Perempuan Korban AirAsia Berhasil Diidentifikasi
Tiga Jenazah Perempuan Korban AirAsia Berhasil Diidentifikasi
A A A
SURABAYA - Memasuki hari ke-34 jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501, Tim DVI kembali mengidentifikasi tiga jenazah. Tiga jenazah tersebut berlabel B055, B056, dan B057.

Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol Budiyono mengatakan, jenazah label B055 teridentifikasi berdasarkan pemeriksaan DNA dengan data pembanding pakaian dalam korban.

Kemudian, data sekunder medis antropologi yang diketahui usia, jenis kelamin, serta tinggi badan ditambah lagi dengan analisa CCTV Bandara Juanda diketahui korban menggunakan kaos berlengan pendek.

"Maka tidak terbantahkan jenazah dengan label B055 atas nama Gusti Ayu Made Keisha Putri, perempuan, usia 10 tahun asal Malang, Jawa Timur," kata Budiyono, Jumat (30/1/2015).

Kemudian, jenazah dengan label B056 teridentifikasi melalui metode primer dengan pemeriksaan DNA korban dan DNA ayah kandung yang ditemukan kecocokan 100 persen.

Pemeriksaan itu didukung dengan data sekunder berupa properti yang melekat pada tubuh korban yakni kaos berwarna pink bertuliskan Love Paris.

Kemudian teknik superimpose ditemukan kecocokan dengan foto korban semasa hidup, garis dan titik-titik wajah seperti mata, hidung, dan mulut klop dengan foto korban.

Dan, dari data antropologi diketahui jenis kelamin, usia dan tinggi badan korban. "Maka, tak terbantahkan bahwa jenazah dengan label B056 tidak terbantahkan atas nama Yasmin Rose Ann Santiago, jenis kelamin perempuan, berusia 15 tahun, asal Pasuruan," ujarnya.

Jenazah dengan label B057 teridentifikasi melalui data primer pemeriksaan DNA dan direct sample pakaian dalam korban sama persis identik 100 persen. Kemudian didukung dengan data antropologi dan medis yang diketahui usia, jenis kelamin, dan tinggi badan korban.

Ditambah dengan data properti korban memakai kaos lengan panjang warna biru yang sama dengan analisa CCTV di Bandara Internasional Juanda.

"Dengan data tersebut, maka jenazah dengan label B057 jenazah atas nama Gusti Ayu Putriyana Permata, jenis kelamin perempuan, usia 16 tahun, asal Malang Jawa Timur, warga negara Indonesia," lanjutnya.

Dengan demikian total jenazah yang berhasil diidentifikasi sebanyak 60 jenazah. Rinciannya, 27 jenazah perempuan dan 33 jenazah laki-laki.

Total jenazah yang sudah dievakuasi ke RS Bhayangkara Polda Jatim mencapai 72 jenazah. Sebanyak 12 jenazah masih dilakukan proses pendalaman rekonsiliasi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8677 seconds (0.1#10.140)