Jamin Pendidikan Atlet, KONI Jabar Gandeng PT dan Swasta

Minggu, 25 Januari 2015 - 09:59 WIB
Jamin Pendidikan Atlet, KONI Jabar Gandeng PT dan Swasta
Jamin Pendidikan Atlet, KONI Jabar Gandeng PT dan Swasta
A A A
BANDUNG - Sebagai bentuk perhatian dan jaminan terhadap masa depan atlet, KONI Jabar komitmen memberikan beasiswa kepada para atlet berprestasi.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin yang tak mau para atlet hanya sibuk berlatih dan melupakan pentingnya pendidikan. “Setidaknya sudah kami jamin, meskipun tidak 100% tapi ada usaha ke arah sana. KONI ini sebagai pengganti orang tua. Mereka juga harus kita pikirkan masa depannya,” tegas Ahmad kepada wartawan seusai acara silaturahmi KONI Jabar dengan seluruh pengurus dan cabang olahraga di Secapa TNI AD, Jalan Hegarmanah, Kota Bandung, kemarin.

Menurut Ahmad, program itu merupakan implementasi dari rencana strategis pembinaan prestasi olahraga Jabar. Salah satunya memenuhi hak dan kewajiban mereka yang terlibat dalam perkembangan olahraga di Jabar. Untuk mewujudkan hal itu, KONI Jabar telah me nandatangani memorandum of under standing(MoU) dengan s e jumlah perguruan tinggi (PT).

Di antaranya Fakultas Pen didikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) UPI Bandung, STKIP Pasundan, Ikatan Alumni ITB, dan salah satu perusahaan swasta di bidang manufaktur, PT Rajawali Hyoto. Mengenai atlet yang berhak mendapatkan fasilitas, kata Ahmad, mereka yang mendapatkan medali emas di kejurnas, kejuaraan nasional dan internasional.

Begitu juga dengan pelatih yang pernah berkiprah di kepelatihan untuk menciptakan inovasiinovasi dan memberdayakan organisasi yang muaranya peningkatan prestasi. “Ini sudah diamini pemerintah provinsi, dimana ada beasiswa yang diberikan BAPPEDA, Diknas ataupun Disorda. Kalau ini terintegrasi, saya yakin itu akan mencapai sasaran yang se harus - nya,” tegas Ahmad.

Ahmad menilai, FPOK UPI adalah bagian yang tak terpisahkan dari lembaga pen didikan sebab fokus di bidang olahraga. Hal itu sudah diakui, bahkan UPI selama ini sudah sering menjalin kerja sama dengan ne ga ra lain di bidang olahraga.

“Keterlibatan UPI sig ni fi - kan, saya ingin bersandar disitu. Sehingga apa yang kita lakukan melalui program latihan itu sangat terukur. Baik dari sisi sport science, sport medicine, training facility dan kebutuhan olahraga lainnya,”ungkapnya.

Karena itu MoU tersebut memang bagian terpenting sebagai upaya peningkatan prestasi. Bahkan kerja sama juga dilakukan dengan perusahaan-perusahaan yang memang selama ini berkiprah di Jabar. Mereka ingin memberikan kontribusi untuk terciptanya prestasi terutama menuju PON XIX/2016.

Panji qadhafi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5669 seconds (0.1#10.140)