PPKM, Ajang Mahasiswa USD Perkuat Karakter Diri

Senin, 19 Januari 2015 - 09:46 WIB
PPKM, Ajang Mahasiswa USD Perkuat Karakter Diri
PPKM, Ajang Mahasiswa USD Perkuat Karakter Diri
A A A
UNIVERSITAS Sanata Dharma (USD) Yogyakarta akan menggelar kegiatan tahunan yakni Pelatihan Pengembangan Kepribadian Mahasiswa (PPKM).

Melalui kegiatan nonformal tersebut, para mahasiswa akan diajak untuk memperkuat karakter diri mereka agar mampu menjadi manusia yang lebih baik lagi. "Sebenarnya ini sejalan dengan pemikiran pendiri USD yakni Driyarkara yakni pendidikan sebagai alat untuk memanusiakan manusia.

Karenanya, kami mengagendakan PPKM untuk diikuti semua mahasiswa USD tanpa terkecuali agar mereka mampu mengasah potensi diri dan menjadi manusia yang lebih baik untuk masa depan mereka," ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Sanata Darma (USD) Yogyakarta Dr P Mutiara Andalas SJ, kemarin.

Andalas menuturkan, pemberian materi PPKM dilakukan dalam dua tahap yakni PPKM 1 untuk tiap mahasiswa yang menempuh semester II dan PPKM 2 untuk tiap mahasiswa yang menempuh semester IV. Namun, karena kegiatan tersebut bukan merupakan kuliah namun wajib diikuti, pelaksanaan selalu dilakukan pada saat libur semester. Untuk PPKM 1 akan dilakukan pada 19–24 Januari 2015 mendatang.

Anggota Tim Penyusun Materi PPKM 1 Budi Setyahandana ST MT mengatakan, kegiatan PPKM sendiri sudah dilakukan USD sejak 1998 lalu. Awal tercetusnya kegiatan tersebut ialah USD berkeinginan memberikan pembekalan yang lebih berguna bagi tiap mahasiswanya.

Maka disusunlah kegiatan PPKM yang awalnya diberi istilah Pelatihan Menjadi Mahasiswa Efektif dengan mengadopsi pemikiran Stephen R Covey tentang nine habits of highly effective people. "Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa tingkat atas yang sudah mengikuti PPKM 1 dan 2. Para mahasiswa ini akan bertindak sebagai co-fasilitator yang akan membantu fasilitator dalam menyampaikan materi," katanya.

Salah satu co-fasilitator PPKM 1 Gracia Hoyi Dharmarani mengatakan, tugas co-fasilitator ialah menjaga suasana pelaksanaan PPKM tetap menyenangkan dan tidak formal seperti kuliah. Mereka juga bertugas menjalankan permainan-permainan pembelajaran kepribadian untuk membangun suasana yang menyenangkan.

Ratih Keswara
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7353 seconds (0.1#10.140)