Banyak Sampah di Gerbang TPU

Senin, 19 Januari 2015 - 09:30 WIB
Banyak Sampah di Gerbang TPU
Banyak Sampah di Gerbang TPU
A A A
PALEMBANG - Pemandangan kurang mengenakkan saat memasuki kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Puncak Sekuning, Kecamatan Ilir Barat (IB) I, kemarin.

Pasalnya, di gerbang sebelah selatan kawasan pemakaman tersebut dipadati pemadangan banyak sampah. Bahkan, sampah makin menumpuk hingga masuk ke lokasi makam. Pantauan KORAN SINDO PALEMBANG, sedari pagi sampah sudah menumpuk.

Masyarakat tampaknya sengaja membuang sampah di lokasi pemakaman yang berbatasan dengan tiga kelurahan tersebut. Bahkan, ada yang sengaja mem bawa sampah-sampah itu dengan menggunakan motor. Sampah-sampah tersebut menumpuk mulai dari gerbang hingga bagian depan lokasi pemakaman.

Idrus,35,salah satu pekerja lepas di TPU itu mengatakan, sampah-sampah yang dibuang masyarakat memang dibersihkan petugas kebersihan nantinya. Namun, aktivitas pembersihan lebih banyak dilakukan sore hari. Padahal, sampah-sampah yang berserakan sudah dari pagi. “Ya itu, akibatnya sampah menumpuk dan bau yang menyengat di lokasi ini,” katanya.

Ditambahkan dia, kadang petugas juga tidak cukup tampak bersih membersihkan lokasi gerbang pemakaman yang seolaholah sudah jadi lokasi tempat pembuangan sampah. Warga Lorok Pakjo ini berharap, baik pemerintah kecamatan atau Dinas Kebersihan Kota da pat menyediakan lokasi pembuangan (bak) sampah yang tertu tup. Maka, saat sampah-sampah dibuang masyarakat, akan lebih terkumpul dan tidak mengakibatkan bau.

Di tempat terpisah, Lurah Bukit Lama Alexander mengatakan, kawasan gerbang TPU memang berbatasan dengan dua kelurahan, yakni Kelurahan Lorok Pakjo dan 26 Ilir. Saat dilakukan pem bersihan, pihak kecamatan memang sudah berkoordinasi dengan beberapa kelurahan yang berada di sekitar kawasan pema kaman tersebut.

“Sudah pernah pihak camat, minta Dinas Kebersihan Kota untuk lebih memerhatikan kebersihan lokasi itu. Karena kan jadi lokasi pembuangansampahsu dahcukup lama. Tapi, memang banyak sampah di gerbang TPU itu dan selalu jadi lokasi pembersihan saat kegiatan kecamatan,”pungkasnya.

Tasmalinda
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6645 seconds (0.1#10.140)