TNI Kerahkan Penyuluh Pertanian

Selasa, 13 Januari 2015 - 14:13 WIB
TNI Kerahkan Penyuluh Pertanian
TNI Kerahkan Penyuluh Pertanian
A A A
MARTAPURA - Kodam II/Sriwijaya memberikan pelatihan ketahanan pangan kepada anggota TNI, sebelum terjun ke lapangan sebagai penyuluhan petani di OKU Timur.

Pelatihan yang digelar selama lima hari tersebut, sesuai instruksi Presiden RI, untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara swasembada pangan. Pangdam II/SWJ Mayjen TNI Iskandar M Sahil menegaskan, pe latihan yang diikuti 277 peserta tersebut, terdiri dari Dan dim, Kasiter Korem, Kasiter Ko dim, Babinsa dan perwakilan bin ta ra dan tamtama Satpur/Banpur.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan ketersediaan dan peningkatan produksi pangan nasional khususnya padi, serta memberikan motivasi pada masyarakat un tuk mengembangkan komoditi padi yang berbasis teknologi modern,” katanya. Iskandar menjelaskan, Indonesia harus memiliki kekuatan dalam hal pangan. Jika pangan kuat, negara dan rakyat akan men ja di kuat. Untuk memastikan program itu berjalan lancar, jajaran TNI AD yang ada di lapangan akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan dinas-dinas yang ada di OKU Timur.

Dirjen Sarana Prasarana Kementan Gatot Irianto mengungkap kan, program ini harus berhasil, karena negara meng anggarkan lebih dari Rp35 triliun. “Jika ini gagal, uang yang dikucurkan negara akan sia-sia. Kita memilih TNI AD untuk program ini, karena mereka terorganisasi dan disipilin. Selain itu, jaringan TNI juga sangat luas hingga tingkat desa,” ungkapnya.

Sementara, Bupati OKU Timur Herman Deru mengatakan, sangat bangga dengan pelaksanaan program tersebut di wilayah OKU Timur. “Sekarang TNI yang me laksanakan dan memberi penyuluhan serta pengawasan. Program ini sangat bagus untuk meningkatkan swasembada pangan, yang selama ini OKU Timur memang selalu surplus dalam hasil pertanian,” terangnya.

Dadang dinata
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4142 seconds (0.1#10.140)