Mahasiswa Harus Jadi Motivator

Selasa, 13 Januari 2015 - 11:34 WIB
Mahasiswa Harus Jadi Motivator
Mahasiswa Harus Jadi Motivator
A A A
SEMARANG - Wakil Rektor Uni versitas Islam Sultan Agung (Unissula) III Sarjuni mengatakan, selain menuntut ilmu di kampus, setiap mahasiswa juga memiliki kewajiban menjadi motivator mengajak kepada kebaikan terhadap masyarakat maupun di lingkungan kampus.

Hal itu disebutkannya di selasela pelatihan motivator budaya akademik Islami bagi para mahasiswa, baru-baru ini. “Sebagai kampus islami, Unis sula juga berkomitmen membangun generasi khaira ummah (generasi terbaik) dengan mengembangkan strategi pendidikan berupa budaya akademik Islami,” kata Sarjuni.

Pada kegiatan itu para mahasiswa dibekali beberapa materi, yakni urgensi amar maíruf nahi mungkar , komunikasi efektif, socials skill and teams building , gerakan-gerakan pembudayaan, dan lainnya. Selain Sarjuni, pada pelatihan tersebut turut menjadi pembicara adalah Rektor Unissula Anis Malik Thoha, dan beberapa pembicara lain. Menurut Wakil Rektor I Unissula Muhammad Haddin, untuk menyukseskan pengembangan budaya akademik islami dibutuhkan komitmen bersama.

Budaya akademik islami menjadi magnet tersendiri bagi orang tua mahasiswa yang me - ng inginkan anak-anak mereka tak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan umum, tapi juga ilmu agama. Sementara itu, Anis Malik Thoha berpendapat untuk menjadi seorang motivator, pertama- tama yang harus dipersiapkan adalah pelurusan niat ketika menjalankan sebuah amanah. Itu karena menjadi seorang motivator juga akan menjadi lading amal jariyah kelak.

“Yang tidak kalah penting adalah ketika menjalankan amar maíruf nahi munkar , harus melalui pendekatan yang benar. Yakni dari hati ke hati. Artinya, dengan langkah yang benar maka yang akan diajak juga bisa menerima ajakan tersebut,” ungkapnya.

Susilo himawan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0589 seconds (0.1#10.140)