Ada Patahan Tempat Black Box di Ekor AirAsia?

Senin, 12 Januari 2015 - 00:39 WIB
Ada Patahan Tempat Black...
Ada Patahan Tempat Black Box di Ekor AirAsia?
A A A
KALIMANTAN - Bekas patahan tempat black box atau kotak hitam terdapat di ekor pesawat AirAsia QZ 8501 yang berhasil diangkat ke permukaan. Hal itu diketahui berdasarkan pengecekan di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kalimantan Tengah.

"Ada bekas patahan tempat black box. Tadi saya sudah cek," kata Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Nurcahyo Utomo di lokasi, Minggu 11 Januari 2015 malam.

Meski demikian, kata dia, dirinya tidak menemukan adanya black box di ekor pesawat itu. Sehingga, besar kemungkinan kotak hitam itu masih berada di dasar laut.

"Yang jelas black box-nya tidak ada di sini (di ekor)," kata Nurcahyo.

Nurcahyo menuturkan, pengerjaan dan penelitian awal terhadap ekor baru‎ akan dilakukan pagi ini. Sebab, ekor tersebut terbilang cukup besar.

Kata dia, pihaknya akan melakukan pemotongan ekor pesawat AirAsia tersebut. Pemotongan itu akan dilakukan oleh teknisi asal Perancis selaku negara pembuat Airbus.

"‎Nanti setelah dipotong dipindahkan ke gudang. Kami akan cek dan lihat secara umum kondisi kerusakan, kira-kira penyebab kerusakannya apa," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0106 seconds (0.1#10.140)