Hujan Seharian, Kota Manado Diterjang Banjir

Minggu, 11 Januari 2015 - 13:23 WIB
Hujan Seharian, Kota Manado Diterjang Banjir
Hujan Seharian, Kota Manado Diterjang Banjir
A A A
MANADO - Hujan yang mengguyur Kota Manado seharian, membuat sejumlah wilayah di Kota Manado diterjang banjir. Sedikitnya ada tiga kecamatan yang hingga kini masih tergenang, yaitu Kecamatan Singkil, Tikala, dan Paal Dua.

Sejak pukul 02.00 WITA, warga di sekitar DAS Sawangan, dan DAS Tondano, sudah mengemas barang masing-masing. Mereka kemudian mengamankannya di tempat yang lebih tinggi, dan mengungsi.

Hingga pukul 08.00 WITA, ketinggian air di tiga kecamatan itu berbeda-beda. Di Kecamatan Singkil, air hanya setinggi betis hingga lutut orang dewasa. Sedangkan di Kecamatan Paal Dua, air setinggi perut orang dewasa.

"Warga mengungsi di mesjid-mesjid, dan gedung-gedung sekolah. Lebih baik mengungsi, jangan sampai banjir seperti tahun lalu," ungkap Hera (38), warga Ketang Baru, kepada wartawan, Minggu (11/1/2015).

Sementara itu, Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengaku, telah mengikuti pergerakan air di DAS Tondano sejak malam.

"Saya ikuti pergerakan air di Sungai Tondano, dan sejak pukul 03.00 WITA, ketinggian air lewat batas normal di Pos Dendengan Luar. Jadi saya perintahkan camat dan lurah untuk minta warga yang ada di lokasi rawan banjir dan longsor untuk mengungsi ke tempat yang aman," katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5412 seconds (0.1#10.140)