Cuaca Cerah, Evakuasi AirAsia Bisa Maksimal

Sabtu, 10 Januari 2015 - 10:08 WIB
Cuaca Cerah, Evakuasi AirAsia Bisa Maksimal
Cuaca Cerah, Evakuasi AirAsia Bisa Maksimal
A A A
PANGKALAN BUN - Hari ke-14 proses evakuasi AirAsia QZ8501 diharapkan bisa berjalan maksimal. Apalagi, cuaca di sekitar area pencarian diperkirakan cerah.

"Pagi ini nampak dari citra radar kami cuaca cerah-berawan di sekitar lokasi. Kondisi ini cukup baik untuk pencarian dan evakuasi melalui udara di pagi hari," kata Kepala Stasiun Meteorologi Pangkalan Bun Lukman Soleh kepada wartawan di Lanud Iskandar, Sabtu (10/1/2015).

Ia melanjutkan, dengan kondisi tersebut, tim dapat bergerak maksimal di seluruh sektor pencarian.

"Hari ini kami prakirakan ketinggian gelombang laut di sektor barat berkisar antara 1,5-3 meter dan sektor timur sekitar 2,5-3,5 meter. Keadaan arus permukaan laut secara umum dari arah barat dengan kecepatan 15-30 cm/s," tambahnya.

Selain itu para penyelam juga harus mewaspadai arus permukaan maupun arus bawah laut.

"Arus bawah laut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pasang surut, salinitas, suhu air laut, dan kondisi dasar laut. Arus ini bukanlah merupakan salah satu variabel cuaca. Sebagaimana kita ketahui cuaca adalah segala dinamika yang terjadi dari permukaan hingga atmosfer," urainya.

Melihat dari dinamika atmosfer saat ini, pembentukan awan Cumulonimbus (Cb) masih cukup potensial, terutama di sekitar wilayah sektor barat area pencarian.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.0994 seconds (0.1#10.140)