Potensi Wisata Belum Dikomersilkan

Kamis, 08 Januari 2015 - 09:58 WIB
Potensi Wisata Belum Dikomersilkan
Potensi Wisata Belum Dikomersilkan
A A A
PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta terus mengembangkan potensi pariwisata, terutama penataan dari sektor wisata alam.

Seperti dengan menyulap Situ Buleud menjadi Taman Air Man cur Sribaduga yang diresmikan baru-baru ini. Namun pemkab belum menjadikan lokasi wisata itu untuk di komersilkan.

Kabid Pariwisata Dinas Perhubungan Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (Dishubparpostel) Kabupaten Pur wakarta Norman Nugraha mengatakan, potensi wisata di Purwakarta memang cukup banyak. Tapi, sampai saat ini pemerintah belum berniat menarik PAD dari sektor ini. “Untuk itu selama ini kami tidak menarik PAD dari sektor wisata,” ujar Norman, kemarin.

Diakui Norman, selama ini pemkab terus berupaya mengembangkan potensi alam untuk dijadikan sebuah tempat yang bisa menarik wisatawan. Namun tujuannya bukan untuk di komersilkan. Melainkan, hanya untuk mem ercantik setiap sudut kota menjadi lokasi yang kental dengan karakter seni. Tidak kecuali keberadaan air mancur terbesar di Indonesia di Situ Buleud yang selesai dibangun.

“Meskipun dalam penataan lokasi ini, tidak saja difokuskan pada fungsi konservasi semata tapi juga didorong terhadap nilai-nilai rekreasi. Tapi, lokasi ini tidak akan dikomersilkan. Kami tidak menjadikan lokasi ini sebagai ajang komersil yang bisa menghasilkan PAD. Sampai saat ini, kita masih mengoptimal kan pendapatan dari parkir saja,” terang dia.

Dengan kata lain, sambung dia, pemkab dalam hal ini hanya memanfaatkan lahan yang ada supaya lebih menarik dan memilik daya tarik tersendiri.

Didin Jalaludin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3261 seconds (0.1#10.140)