Evakuasi Korban AirAsia, Tim SAR Tidak Bisa Melawan Alam

Senin, 05 Januari 2015 - 23:43 WIB
Evakuasi Korban AirAsia,...
Evakuasi Korban AirAsia, Tim SAR Tidak Bisa Melawan Alam
A A A
PANGKALAN BUN - Cuaca kurang bersahabat kembali menghambat proses pencarian jenazah korban pesawat AirAsia QZ8501. Sejumlah upaya pencarian yang dilakukan Tim SAR gabungan pun terpaksa harus dihentikan sementara.

Seperti pencarian yang dilakukan TNI Angkatan Laut, Senin (5/1/2015). TNI AL menerjunkan dua orang penyelam untuk melakukan survei di lokasi jatuhnya pesawat yang mengangkut 162 orang kru dan penumpang itu.

Penyelaman pun akhirnya dilakukan. Namun, sebelum penyelam sampai di kedalaman 30 meter titik lokasi pesawat diperkirakan berada, keduanya akhirnya harus kembali naik ke kapal.

"Lumpur di dasar laut cukup tebal, sehingga membuat visibility nol," kata Direktur Operasional Basarnas SB Supriyadi di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Senin (5/1/2015).

Bukan hanya lumpur yang tebal, kecepatan arus di dalam laut mencapai 5 knot. Hal ini membuat upaya pencarian cukup berat.

Selain itu, tinggi gelombang di permukaan laut juga mencapai 4 meter yang menyebabkan kapal yang melakukan upaya pencarian kesulitan menuju titik lokasi.

"Kita tidak bisa melawan alam. Tidak boleh jatuh korban lagi. Cuaca buruk tidak boleh kita tembus, kalau ada sesuatu tentu akan repot," tegasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9659 seconds (0.1#10.140)