Terjebak Macet di Objek Wisata

Jum'at, 02 Januari 2015 - 11:18 WIB
Terjebak Macet di Objek Wisata
Terjebak Macet di Objek Wisata
A A A
MUARABELITI - Libur tahun baru yang bertepatan dengan liburan sekolah memberikan dampak positif meningkatnya jumlah kunjungan di dua objek wisata di Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Tak ayal, kemacetan panjang ter jadi. Namun, petugas Satuan Lalu Lintas Polres Mura telah mengantisipasi kemacetan tersebut dengan mengatur kendaraan roda dua dan empat para pengunjung objek wisata agar tidak saling memotong. Sunarto, 45, warga Desa Megang Sakti, Kabupaten Mura mengatakan, ia biasa datang ke lokasi wisata Danau Aur di Desa Sumber Harta.

Di lokasi tersebut terdapat sejumlah per mainan anak-anak, seperti bebek-bebekan dan perahu se hingga pengunjung dapat me-nikmati nuansa air di danau tersebut. Selain itu, di lokasi, pengunjung juga dimanjakan berbagai tempat kuliner di atas air. Biasanya jika libur akhir pekan dan liburan sekolah lokasi wisata ini banyak pengunjung. “Lokasinya tidak jauh, biaya mu rah dan anak-anak suka main di lokasi itu,” kata Sunarto kepada KORAN SINDO PALEMBANG, kemarin.

Disinggung masalah kema cetan menujuk objek wisata tersebut, Sunarto mengatakan, memang kemacetan pasti terjadi jika di hari libur menuju ke objek wisata ini. ”Padat dan merayap. Tapi, ada petugas kepolisian yang mengatur sehingga kita bisa sampai ke tujuan,” tutupnya.

Hal senada dikatakan Yitno, 50, warga Desa Muara Beliti. Ia mengaku bersama keluarga biasanya liburan ke Danau Aur. Selanjutnya makan-makan di kawasan Jalan Poros Tugumulyo tepatnya di Pondok Hijau. “Memang dua lokasi itu jadi sarana hiburan masyarakat. Sebab, tidak ada wisata lain. Apalagi tidak memakan biaya besar seperti liburan ke luar kota,” ungkapnya.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Mura AKBP Nurhadi Handayani diwakilkan Kasat Lantas AKP Yudha Widyatama Nugraha mengatakan, pihaknya menerjunkan petugas melakukan pemantauan dan pengaturan lalu lintas yang diprediksi menimbulkan kemacetan arus lalu lintas di lokasi wisata dan sarana tempat makan umum di Pondok Hijau Kecamatan Tugumulyo.

“Ya, petugas ditempatkan (mafing) untuk mengurai kemacetan. Karena berdasarkan pengalaman dari tahun sebelumnya, arus lalu lintas padat di lokasi Danau Aur dan Pondok Hijau,” tegasnya. Dia menambahkan, para pengguna jalan yang melintas di Pondok Hijau dapat menggunakan jalur alternatif untuk mencegah terjadinya kemacetan. Sebab, eskalasi kendaraan mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

Kehadiran anggota Satlantas dan aparat Polres Mura yang tergabung dalam operasi membantu pengaturan lalu lintas, mengurai kemacetan, meminimalisasi kecelakaan lalu lintas dan mencegah terjadinya tindak pidana kejahatan di kawasan objek wisata.

Hengky Chandra Agoes
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5123 seconds (0.1#10.140)