Tahun Baru di Solo Dijamin Meriah

Rabu, 31 Desember 2014 - 11:22 WIB
Tahun Baru di Solo Dijamin...
Tahun Baru di Solo Dijamin Meriah
A A A
SOLO - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo akan menggelar acara Solo Car Free Night malam ini untuk menyemarakkan pergantian tahun.

Kepala Dishubkominfo Kota Solo Yosca Herman Soedrajad mengatakan car free night berlaku di Jalan Slamet Riyadi-Jalan Jenderal Sudirman. Para pengendara kendaraan bermotor bakal dialihkan melalui beberapa jalur, seperti Dr Rajiman di wilayah Selatan dan jalan Adi Sucipto di wilayah utara.

Untuk jalur Slamet Riyadi dan Jenderal Sudirman akan difokuskan bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda yang ingin menikmati malam tahun baru. Di area itu akan didirikan panggung hiburan yang akan diisi oleh para musisi. “Penutupan jalan akan berlangsung mulai pukul 21.00 WIB hingga acara selesai, masyarakat silakan menikmati malam tahun baru tanpa kepadatan kendaraan,” ucapnya Selasa siang.

Untuk kantong parkir disediakan di kawasan Sriwedari Solo, Kawasan Benteng Vastenburg dan tempat parkir di pusat perbelanjaan. Grup Musik Slank direncanakan tampil di Markas Grup dua Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Kandang Menjangan Kartasura Sukoharjo.

Di lapangan tersebut grup musik yang berasal dari Gang Potlot itu akan menghibur ribuan slankers yang datang. Ketua panitia Letkol Inf Leonardo Sebastian mengatakan acara konser Slank itu akan dipusatkan di Lapangan Grup Dua Kopassus. Acara tersebut terbuka untuk umum serta tidak dipungut biaya sepeser pun oleh pihak panitia. “Ada 500 personel, anjing pelacak, serta kamera pengintai yang akan kita siapkan untuk mengawasi penonton,” ucapnya.

Selain Slank, grup musik ibukota Ada Band juga bakal mengisi acara tahun baru di Kota Solo. Grup band yang beranggotakan empat personel itu akan manggung di Puri Kencono Ballroom, Lorin Hotel Solo. Satlantas Polres Sukoharjo akan melakukan pengalihan arus lalu lintas (lalin) untuk mengantisipasi kemacetan perayaan pergantian tahun.

“Pengalihan arus lalin dimungkinkan dimulai pada Rabu (31/12) sore. Tergantung situasi di lapangan nantinya,” papar Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Maryadi kemarin. Di kawasan Solo Baru akan ada perayaan pergantian tahun, antara lain digelar di kawasan Bundaran Patung Pandawa, Hotel Brothers dan The Park Mall.

Arus lalin akan dialihkan mulai dari pertigaan Langenharjo, Solo Baru . Dari pertigaan Langenharjo, arus dialihkan ke kiri (selatan), kemudian ke barat arah Dr Oen Solo Baru. Sesampai di pertigaan Jlopo, untuk pengguna jalan yang akan ke Solo, bisa mengambil arah kanan.

Dari sana akan tembus Tanjung Anom kemudian ke kiri arah Solo. Sedang untuk pengguna jalan yang akan ke luar kota, ke Yogyakarta, Purwokerto dan Magelang, dari Jlopo lurus ke kiri (barat). Dari sana arus akan tembus di Pakis, Delanggu, Klaten. Dengan arus baru tersebut, pengguna jalan tidak akan terjebak kemacetan di Solo Baru.

Bagi pengguna jalan yang akan ke arah Semarang, Jakarta, dan daerah lainnya, dari Jlopo bisa mengambil arah ke Makamhaji. Dari lokasi tersebut arus bisa langsung tembus ke Kartasura kemudian ke Boyolali.

“Jadi, pengalihan arus ini untuk memberikan kenyamanan pada pengguna jalan agar malam tahunbarubisalancar. Sebab, ada beberapa titik kegiatan di Solo Baru,” kata Maryadi.

Kapolres Sukoharjo AKBP Andy Rifai menambahkan, keberadaan petugas selama malam pergantian tahun tidak sekadar mengatur arus lalin. Petugas juga melakukan pengawasan terhadap aksi konvoi masyarakat dalam merayakan tahun baru.

Jika peserta konvoi tidak tertib, petugas akan melakukan penindakan. “Intinya harus tertib lalu lintas. Kalau tidak tertib, pasti ditindak,” ucapnya.

Arief Setiadi / Sumarno
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)