Sudah Setahun Belum Diperbaiki

Selasa, 30 Desember 2014 - 10:59 WIB
Sudah Setahun Belum...
Sudah Setahun Belum Diperbaiki
A A A
MUARAENIM - Kondisi jembatan gantung yang merentang di atas Sungai Lematang yang menghubungkan antara Desa Muaralawai Besar dengan Desa Muaralawai Kecil kondisinya sangat memprihatinkan.

Pasalnya, lantai jembatan yang terbuat dari pelat besi tersebut di bagian tengahnya sudah diganti dengan papan dan kayu balok penahan ala kadarnya. Padahal, jembatan tersebut men jadi akses penghubung terdekat antara dua desa yang berbeda kabupaten tersebut. Belum lagi, anak-anak dari Desa Muaralawai Kecil banyak sekolah di SDN Muaralawai Kecamatan Muaraenim yang setiap hari menggunakan fasilitas jembatan gantung itu.

Menurut Amrullah, 35, warga Desa Muaralawai Besar mengatakan, kondisi tersebut sudah berlangsung setahun belakangan ini. Papan dan kayu serta balok penahan dipasang sendiri warga yang melintas. Namun menurutnya, kondisinya apa adanya. “Kalau ada warga yang pulang dari sawah atau kebun bawa kayu, sambil nyeberang kemudian dipasang,” ungkapnya, kemarin.

Dia menambahkan, karena jem batan tersebut dilintasi warga dengan sepeda motor jadi harus sangat hati-hati. Apalagi papan yang dipasang juga tidak tertata dengan rapi. Pelat besi lantai jembatan menurutnya, tidak tahu hilang ke mana. Hanya saja menurutnya, kemungkinan besar jatuh ke dasar sungai. “Memang awalnya pelatnya robek, lama-kelamaan lepas,” tandasnya.

Iwan , 29, warga setempat menuturkan, sekitar dua bulan belakangan ada satu keluarga yang pakai sepeda motor jatuh ke sungai. Beruntung kondisi air sedang tidak terlalu deras dan tidak terlalu surut sehingga warga tersebut semuanya selamat karena ketiganya bisa berenang termasuk anaknya yang berusia sekitar 8 tahun.

“Untungnya itu bisa berenang,” katanya. Warga sendiri menurutnya, tidak punya pilihan jalan lain. Karena akses yang tersedia cuma jembatan itu.

Irhamudin sp
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8633 seconds (0.1#10.140)