2015, Pasien HIV/AIDS Ditangani di Puskesmas

Sabtu, 27 Desember 2014 - 23:00 WIB
2015, Pasien HIV/AIDS Ditangani di Puskesmas
2015, Pasien HIV/AIDS Ditangani di Puskesmas
A A A
BATAM - Dalam rangka mengontrol perkembangan HIV/AIDS di Kota Batam, Dinas Kesehatan (Dinkes) akan membentuk program “Satelit HIV/AIDS” di lima Puskesmas pada 2015 mendatang. Program ini bertujuan supaya pasien yang terkena HIV/AIDS bisa mendapatkan pelayanan medis dari fasilitas kesehatan tingkat pertama di puskesmas.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Batam, Sri Rupiati mengatakan, kelima puskesmas yang akan menjalankan program tersebut yakni Puskesmas Lubukbaja, Batuaji, Pulau Sambau, Sungaipanas, dan Tanjungsengkuang.

“Para penderita HIV/AIDS nanti akan lebih terakomodir dan bisa langsung dicek oleh petugas di Puskesmas,” kata Sri.

Dia mengatakan, melalui program ini nantinya Dinas Kesehatan akan membentuk tim investigasi penderita HIV/AIDS. Tim terdiri dari dokter, konselor, dan manajer kasus yang ditugaskan di Puskesmas.

Dari tim ini bisa diketahui bila penanganan tidak optimal. Misalkan data dari seluruh rumah sakit jumlah penderita HIV/AIDS 585 orang, namun yang tertangani 253 orang.

“Dengan adanya program ini diharapkan dapat mempermudah pengontrolan kasus HIV/AIDS di Batam,” ujarnya.

Terkait pengadaan obat, Dinas Kesehatan berharap agar Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat untuk pengadaan obat HIV/AIDS juga bisa disalurkan ke Puskesmas. Karena saat ini DAK dari Kementerian Kesehatan baru disalurkan ke rumah sakit saja.

“Saat ini Dinkes sedang melakukan persiapan dari segi sumber daya manusia untuk tim satelit, serta persiapan sarana dan prasarananya. Sehingga diharapkan pada tahun 2015 penanganan sudah dilaksanakan secara langsung oleh pihak Puskesmas,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8079 seconds (0.1#10.140)