Tim Gegana Sisir Lima Gereja di Samarinda

Rabu, 24 Desember 2014 - 17:24 WIB
Tim Gegana Sisir Lima Gereja di Samarinda
Tim Gegana Sisir Lima Gereja di Samarinda
A A A
SAMARINDA - Tim Gegana Brimob Polda Kalimantan Timur (Kaltim) menyisir lima gereja yang menjadi pusat perayaan Natal di Samarinda, Kaltim. Kelima gereja ini dianggap memiliki jemaat yang sangat banyak sehingga perlu antisipasi ekstra.

Penyisiran dilakukan untuk mencegah antisipasi tindakan terorisme sehingga memberi rasa aman bagi warga yang merayakan Natal. Dengan menggunakan sejumlah alat pendeteksi, setiap sudut gereja diperiksa.

Di Gereja Katedral, Jalan Sudirman, Samarinda, hampir setiap sudut ruangan diperiksa.

"Sesuai dengan surat perintah yang kita terima, jadi seluruh gereja-gereja yang ada di Samarinda, terutama gereja-gereja besar yang memiliki jemaat banyak, kita periksa. Ini perintah langsung dari Kapolri," kata komandan regu Tim Gegana Brimob Polda Kaltim Bripka Arief Setyo Budi, Rabu (24/12/2014).

Dalam pemeriksaan kelima gereja ini, Tim Gegana tidak menemukan barang-barang yang mencurigakan. Penyisiran dilakukan tidak hanya di dalam gereja, tetapi juga area sekitar gereja.

"Target utama kami dalam penyisiran ini adalah menemukan barang-barang atau benda-benda yang dicurigai, terutama sebagai bahan peledak. Karena situasi akhir-akhir, ini mungkin dengan adanya ISIS kah atau aksi teror lainnya, itulah target pencegahan kami."

Brimob Polda Kaltim juga menyiagakan alat penjinak bom yang selalu siap dioperasikan jika sewaktu-waktu ada ancaman teror. Sejumlah personel juga disiagakan di setiap gereja agar ibadah Natal dapat berjalan lancar dan aman.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6563 seconds (0.1#10.140)