Tabrakan Beruntun, 6 Orang Luka

Rabu, 24 Desember 2014 - 11:01 WIB
Tabrakan Beruntun, 6 Orang Luka
Tabrakan Beruntun, 6 Orang Luka
A A A
SALATIGA - Kecelakaan lalu lintas beruntun terjadi di jalan lingkar selatan (JLS) Salatiga, tepatnya di perempatan Bendosari, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Senin (22/12) sekitar pukul 21.30 WIB.

Sebuah truk dengan nomor polisi (nonpol) AD 1932 DD mengalami rem blong dan menghantam truk trailer pengangkut semen nopolS 9168 HF yang sedang melintasi dari arah Solo.

Kerasnya benturan mengakibatkan truk trailer terguling dan menimpa bus PO Sindoro Satriamas nopol H 1409 GG dan tiga unit sepeda motor yang sedang berhenti saat lampu merah dari di lajur kiri dari arah Semarang. Identitas ketiga sepeda motor yang tergencet truk tersebut, yaitu Yamaha Mio nopol H 6044 WC, Honda Supra Fit AB 4668 BI, dan Suzuki Satria yang belum berpelat nomor.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kecelakaan beruntun tersebut bermula ketika truk Mitsubishi Canter yang dikemudikan Suryanto, 21, warga Daratan, Sidomukti, Ambal, Kabupaten Kebumen melaju di jalan raya Salatiga-Magelang dari arah Magelang menuju Salatiga. Sesampainya di jalan menurun di daerah Salib Putih, Salatiga, mendadak rem truk tidak berfungsi alias blong.

Pengemudi truk langsung panik dan tidak bisa menguasai kemudi. Laju truk pun tak terkendali dan terus melaju dengan kecepatan tinggi. Truk kemudian menghantam trailer bermuatan semen dengan nopol S 9168 HF yang melaju di JLS dari arah Solo menuju Semarang hingga terguling.

Tangki semen truk trailer yang terguling langsung menimpa bus PO Sindoro Satriamas yang dikemudikan Slamet, 50, dan tiga unit sepeda motor yang sedang berhenti di jalur arah Solo lantaran lampu lalu lintas di perempatan Bendosari sedang menyala merah. Akibatnya, sejumlah kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan beruntun tersebut ringsek dan enam orang mengalami luka.

Para korban adalah pengemudi truk Mitsubishi Canter, Suryanto; pengemudi bus PO Sindoro Satriamas, Slamet; dan empat orang lainnya yaitu para pengendara motor. Pengemudi truk nahas itu mengalami luka patah tulang di bagian kaki kanan. Sementara kelima korban lainnya luka ringan.

Setelah dievakuasi dari lokasi kejadian, korban langsung dilarikan ke RSUD Salatiga guna mendapatkan pertolongan medis. “Dari atas (arah Magelang), laju truk bermuatan beras itu terlihat tidak terkendali. Mungkin remnya blong dan akhirnya menabrak truk yang sedang melintas di perempatan Bendosari. Truk bermuatan semen langsung terguling dan menimpa bus serta tiga motor,” papar saksi mata Supri, 48.

Kanit Laka Satlantas Polres Salatiga Ipda Asikin menjelaskan, berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), didapat kesimpulan sementara bahwa kecelakaan beruntun tersebut disebabkan rem truk Mitsubishi Canter yang melaju dari arah Magelang mengalami rem blong.

“Dugaan ini dikuatkan oleh keterangan sejumlah saksi yang melihat truk tersebut melaju dengan kecepatan tinggi dan hilang kendali,” katanya.

Angga Rosa
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5102 seconds (0.1#10.140)