Sleman Terima Penghargaan Reksaniyata

Rabu, 24 Desember 2014 - 10:29 WIB
Sleman Terima Penghargaan Reksaniyata
Sleman Terima Penghargaan Reksaniyata
A A A
SLEMAN - Pemkab Sleman kembali menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini penghargaan di bidang hutan lindung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yakni piagam Reksaniyata.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyerahkan langsung piagam itu dan diterima Bupati Sleman Sri Purnomo saat puncak hari cinta puspa dan satwa nasional di Jakarta, Senin (22/12) malam. Sleman mendapat penghargaan tersebut karena kinerjanya dinilai baik, terutama dalam pengelolaan tutupan vegetasi sebagai kawasan yang berfungsi pelindung.

Baik untuk pengatur air, memelihara kesuburan tanah, dan mencegah bahaya banjir serta erosi. Kabag Humas Pemkab Sleman Endah Sri Widiastuti mengatakan, sebagai penyanggakon servasi air di DIY, Sleman telah melakukan berbagai upaya. Selain mengintensifkan gerakan penghijauan di lereng Merapi maupun lahan kritis, juga mempertahankan pengaturan luas kapling di kawasan yang berfungsi lindung.

Endah menjelaskan, selain Sleman, pada tahun ini ada 11 kabupaten lain di Indonesia yang mendapatkan piagam Reksaniyata. Namun, untuk di DIY hanya Sleman atau di Jawa hanya Sleman dan Jombang, Jawa Timur.

“Selain piagam Reksaniyata, kementerian lingkungan hidup dan kehutanan juga memberikan trofi Reksaniyata kepada sembilan kabupaten. Dari jumlah itu, dua kabupaten dari Jawa, yaitu Cilacap, Jawa Tengah, dan Ciamis, Jawa Barat,” katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, penghargaan ini sebagai bentuk keberhasilan program di bidang kehutanan dan lingkungan, yang selama ini dilaksanakan Pemkab Sleman bersama masyarakat.

Priyo Setyawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9672 seconds (0.1#10.140)