Dari Hobi Menjadi Sumber Rezeki

Sabtu, 20 Desember 2014 - 11:50 WIB
Dari Hobi Menjadi Sumber Rezeki
Dari Hobi Menjadi Sumber Rezeki
A A A
SEMARANG - Orang kreatif tidak bakal kekurangan uang selagi masih mau terus mencipta karya. Hal itu dialami oleh Heru Budi SP, 46.

Berbekal keahlian melukisnya, dia banyak meraup keuntungan dari para pengunjung objek wisata Lawang Sewu Semarang yang ingin dilukiskan wajahnya. Heru mengaku memiliki hobi melukis sejak masih di bangku SMP. Keahlian itu terus diasah sampai sekarang, sehingga menjadi sumber penghidupan.

Bermacam jenis seni lukis yang dia kuasai, mulai dari sketsa, siluet, karikatur, dan sebagainya. Alasan menekuni dunia melukis berawal dari dorongan lingkungan sekitarnya, seperti dua kakaknya yang juga menekuni seni lukis dan dekorasi eksterior (lanskap). “Mungkin berawal dari situlah, melihat kakak-kakak saya melukis sehingga mulai saya senang dengan dunia seni, salah satunya melukis,” kata ayah empat anak ini.

Dari hobinya, sampai sekarang Heru bisa menghidupi keluarganya dan menyekolahkan anak-anaknya. Anak pertamanya bahkan saat ini bisa kuliah di Unika Soegijapranata Semarang. “Alhamdulillah dengan menekuni seni tersebut, saya bisa menghidupi keluarga saya, dan mendidik anak-anak saya sampai kuliah,” kata Heru yang pernah menjadi juara lomba poster ketika masih di SMA tersebut.

Dengan bermodal kertas A3, alat tulis spidol, serta pensil warna, warga Jatingaleh Semarang ini bisa berpenghasilan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah setiap hari hanya dengan mangkal di Gedung Lawang Sewu. “Dari menekuni hobi itulah, saat ini bisa menjadi profesi saya sebagai pelukis yang dapat menghasilkan rezeki,” ujarnya.

Tarif jasa lukis yang dipatok bervariasi, tergantung dari pesanan. Ada yang meminta diwarnai ada juga yang tidak. Setiap lukisan sketsa atau karikatur minimal Rp35.000. Sebagai medium untuk beraktualisasi, Heru bergabung di komunitas Semarang Cartoon Club (Secac).

Dengan banyaknya pergaulan itu, perjalanannya tidak hanya menerima order dari pengunjung Lawang Sewu, tapi juga pesanan lukisan karikatur seperti pindah tugas, kado ulang tahun, prewedding , dan lukisan wajah. Bagi dia, seni lukis merupakan salah satu bagian kehidupan yang digeluti bertahun- tahun sampai sekarang.

Menurut Heru, lukisan merupakan karya coretan lucu yang tujuannya untuk mengkritik atau mendukung, atau bahkan menghibur terhadap siapa pun. “Sehingga dari prinsip itulah, saya menyukai dunia seni lukis sampai sekarang ini,” kata Heru.

Amin Fauzi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7620 seconds (0.1#10.140)