Pelampeyan Meluap, Dam Tawangsari Jebol

Sabtu, 20 Desember 2014 - 11:49 WIB
Pelampeyan Meluap, Dam Tawangsari Jebol
Pelampeyan Meluap, Dam Tawangsari Jebol
A A A
KARANGANYAR - Dam di Desa Tawangsari, Kecamatan Kerjo, Karanganyar ambrol karena tak kuat menahan luapan air Sungai Pelampeyan.

Dam berukuran panjang sekitar 15 meter dan tinggi 10 meter tersebut jebol saat hujan deras yang berlangsung sejak Kamis (18/12) petang. Sebelum jebol, kondisi dam mulai terdeteksi retak saat hujan deras berlangsung. Volume air yang besar mengakibatkan dam tidak kuat dan akhirnya jebol pada sore harinya.

Dampak yang dirasakan adalah suplai air ke areal persawahan seluas 82 hektare di Desa Jatimalang menjadi terganggu. “Jika kerusakan tidak segera dibenahi, suplai air ke Jatimalang bakal terhenti,” ujar Kepala Desa Tawangsari Purwanto kemarin.

Padahal lahan pertanian kini tengah dalam masa pemupukan di awal penanaman padi awal bulan lalu. Untungnya kejadian tidak menimbulkan korban jiwa atau merusak area pemukiman warga sekitar. Keberadaan dam Tawangsari sangat vital sebagai sumber pengairan sawah di kawasan itu.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Aji Pratama Heru Kristianto mengatakan, selain dam di Tawangsari jebol, tercatat ada puluhan rumah mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon dan tertiup angin kencang.

Hujan deras juga mengakibatkan tanah longsor dan menimpa rumah Samin, warga Desa Guworejo, Jatiyoso. Rumah rusak parah akibat tertimpa material longsoran tebing. Sebagian rumah tertimbun longsor tebing setinggi 18 meter.

Saat ini warga bergotong royong membersihkan rumah korban. “Jika ditotal seluruhnya, kerugian mencapai Rp500 juta,” ungkap Heru.

Ary Wahyu Wibowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5301 seconds (0.1#10.140)