Polda DIY Kumpulkan Pleton Elite Sabhara

Kamis, 18 Desember 2014 - 12:59 WIB
Polda DIY Kumpulkan Pleton Elite Sabhara
Polda DIY Kumpulkan Pleton Elite Sabhara
A A A
SLEMAN - Ratusan personel kepolisian dari Pleton Elite Sabhara Polda DIY dan Polres yang telah dilatih dengan peningkatan kemampuan fungsi Sabhara dikumpulkan dalam apel besardi Stadiun Maguwoharjo, Depok, kemarin.

Pengumpulan personel itu dilakukan untuk mengecek kesiapsiagaan personel dan sarana prasarana yang dimiliki sebelum akhirnya diterjunkan di tengah masyarakat. Dari total keseluruhan 700 personel, 300 personel dari Pleton Elit Sabhara di tiap wilayah Polres yang tersebar di DIY. Dalam apel besar tersebut Pleton Elite Sabhara pun memamerkan kemampuan yang telah dipelajari.

Adapun keseluruhan pelatihan yang dipelajari, yakni sembilan kemampuan sebagai pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli, tindakan pertama di tempat kejadian perkara, pengendalian massa (Dalmas), negosiator, Tipiring, dan SAR terbatas. Kapolda DIY Brigjen Pol Oerip Soebagyo mengatakan, Pleton Elite Sabhara itu dibentuk seiring dengan tantangan yang harus dihadapi.

Sabhara diharapkan mampu dan tanggap dalam merespons dan mencegah segala bentuk gangguan kamtibmas. Di sisi lain, harus pula mampu memberikan dan memenuhi harapan masyarakat sebagai penolong, pelindung, pengayom, dan pelayanan masyarakat.

"Anggota Sabhara itu tidak boleh menunggu kejadian, tetapi harus siap setiap saat untuk menghadapi setiap kejadian," katanya. Disampaikan Oerip, seiring dengan kondisi lingkungan yang terus berubah sesuai dengan dinamika masyarakat, khususnya di DIY yang masih terjadi adanya bentrok antarwarga atau etnis, tindakan anarkis, maupun kejahatan jalanan, pada akhirnya tugas jajaran Sabhara akan semakin berat dan kompleks.

Untuk itu, Sabhara harus piawai menentukan langkah-langkah strategis sehingga Polri dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat secara luas. "Untuk itu kami apelkan demi mengoptimalkan kehadiran anggota Sabhara di tengah masyarakat," paparnya.

Dalam kegiatan Apel Besar Pleton Elite Sabhara itu pun dilakukan acara penghargaan lomba Pleton Elite Sabhara Polres sejajaran Polda DIY. Direktur Direktorat Sabhara Polda DIY Kombes Yulza Sulaiman mengungkapkan, juara satu dalam lomba itu, yakni Pleton Elite Sabhara Polresta Yogyakarta, disusul Pleton Elite Sabhara Polres Gunungkidul, dan Pleton Elite Sabhara Polres Bantul.

Muji Barnugroho
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5137 seconds (0.1#10.140)