PNS Kuasai Pasar Murah Sembako

Rabu, 17 Desember 2014 - 12:49 WIB
PNS Kuasai Pasar Murah Sembako
PNS Kuasai Pasar Murah Sembako
A A A
SOLO - Pasar murah yang digelar Pemkot bersama Bank Indonesia di halaman Balai Kota Solo kemarin minim didatangi warga miskin.

Mayoritas pembeli justru para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot. Berdasar pantauan KORAN SINDO , sejumlah kebutuhan pokok dijual dengan harga di bawah standar, misalnya gula pasir seharga Rp8.800 per kilogram dari harga biasanya Rp9.500, telur ayam dari biasanya Rp18.000 menjadi Rp17.500 per kilogram.

Pasar murah yang mulai dibuka sejak pukul 07.00 WIB itu langsung dipadati para PNS. Mereka berlomba-lomba memborong sejumlah kebutuhan pokok. Sementara pengunjung dari warga miskin sangat sedikit. Padahal sasaran utama acara ini warga miskin. Menurut Yarsi, warga Banjarsari, selisih harga yang tidak terlalu banyak membuat warga miskin malas datang.

Dengan selisih harga yang kecil, warga miskin masih merasa kesulitan membeli kebutuhan pokok itu. “Selisih harganya sekitar Rp1.000 dibandingkan harga pasaran, sehingga rugi jika dibandingkan dengan ongkos yang dikeluarkan,” ucapnya.

Selain itu, banyaknya PNS yang ikut berbelanja juga membuat warga merasa agak terganggu. Bagi kalangan PNS, selisih harga yang ditawarkan sudah cukup banyak. Mereka pun ramai-ramai memborongnya.

Kepala Bank Indonesia Solo Ismet Inono mengaku acara tersebut sengaja digelar untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang Natal dan Tahun Baru mendatang. Pada masa-masa seperti ini harga kebutuhan pokok akan ikut terkerek naik.

Arief Setiadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.3032 seconds (0.1#10.140)