Cirebon Kekurangan Lahan

Selasa, 16 Desember 2014 - 10:53 WIB
Cirebon Kekurangan Lahan
Cirebon Kekurangan Lahan
A A A
CIREBON - Pemkot Cirebon kesulitan melakukan pengembangan daerah akibat keterbatasan lahan. Pantai pun jadi sasaran pengembangan kota lewat proses reklamasi. Namun, untuk mewujudkannya dibutuhkan bantuan investor.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cirebon Budi Rahardjo mengungkapkan, telah menyiapkan proyek reklamasi pantai yang ditawarkan kepada investor. “Minat investasi di Kota Cirebon belakangan meningkat, tapi lahan kota terbatas. Pengembangan kota baru ke arah pantai menjadi urgen agar segera dilaksanakan, maka kami buka peluang bagi investor manapun yang mampu menggarap proyek reklamasi pantai Cirebon,” jelasnya.

Total panjang pantai di Kota Cirebon mencapai 7,2 kilometer. Saat ini dengan luas Kota Cirebon yang hanya 3.760 hektare (ha), kata dia, tak sedikit rencana pengembangan kota yang terkendala. Di sisi lain, minat investasi di kota ini makin tinggi. Dia menyatakan, rencana reklamasi untuk menambah dan mengembangkan wilayah Kota Cirebon bukan sekadar wa cana.

Rencana itu, bahkan sudah dituangkan dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Untuk ini, Pemkot Cirebon pun membuka kesempatan lebar kepada semua pihak yang berminat dan mampu merealisasikan rencana reklamasi. Investor, lanjut dia, dapat mengirim proposal untuk kemudian dinilai dan dievaluasi sebelum ditunjuk siapa yang berhak mereklamasi pantai di Kota Cirebon.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno dalam sebuah kesempatan mengakui, dibutuhkan anggaran besar untuk pengembangan wilayah kota ke arah laut. Saking besarnya, pemerintah tak mungkin menganggarkannya. “Pengembangan kota memang sudah sulit dilakukan saat ini, makanya butuh di kembangkan ke arah pantai sebagai satusatunya solusi. Sayang, anggaran pemerintah tak akan cukup sehingga butuh investor,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu investor Artha Mas Konsorsium diketahui menjadi pihak yang telah menyatakan kesiapannya mereklamasi pantai di Kota Cirebon. Pemkot Cirebon bah kan dijanjikan hasil reklamasi berupa daratan seluas sekitar 4.000 ha akan menambah luas daratan kota.

Terlepas dari semua itu, selain harus memperhatikan kesiapan anggaran, reklamasi pantai di Cirebon tetap membutuhkan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal).

Erika Lia
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3766 seconds (0.1#10.140)