Empat Merak Hijau Dilepasliarkan

Minggu, 14 Desember 2014 - 13:06 WIB
Empat Merak Hijau Dilepasliarkan
Empat Merak Hijau Dilepasliarkan
A A A
YOGYAKARTA - Empat merak hijau koleksi Gembira Loka (GL) Zoo akhirnya dilepasliarkan di Padang Sadengan Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Banyuwangi.

Pelepasan keempat merak hijau dilakukan oleh Di rektur Konservasi Keanekara gaman Hayati (KKH) Kementerian Kehutanan, Bambang Dahono Aji. Keempat merak hijau yang dilepasliarkan, tiga di antaranya berjenis kelamin jantan dan satu lainnya betina. Keempat merak ini merupakan hasil si taan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yog ya kar ta dari masyarakat.

Kini populasi merak hijau terus menurun karena kerusakan habitat. Karena itu, Bambang meminta agar perkembangan keempat merak itu terus dipantau. “Terus dipantau agar bisa berkembang biak sehingga populasinya akan bertambah,” ucap Bambang kemarin. Pelepasliaran ini merupakan kerja sama dengan mitra Gem bira Loka Zoo dan TN Alas Pur wo. Gembira Loka membantu peningkatan dan pengembangan kaitan konservasi keanekaragaman hayati.

“Tiap me nyita, kita titipkan ke Gembira Loka.” “Di kebun binatang ter sebut satwa sitaan dipersiapkan supaya saatnya nanti siap di le pas - liarkan, termasuk dicek kesehatannya melalui pemeriksaan laboratorium. Kalau sudah siap baru dilepasliarkan,” kata Kepala BKSDA DIY Amy Nurwati.

Di Padang Sadengan saat ini ter dapat 126 ekor banteng dan ter identifikasi ada 47 merak serta sejumlah rusa. Kawasan ini juga diisi sejumlah hewan predator seperti anjing hutan dan macan. Sementara itu, Direktur Utama Gembira Loka Zoo, KMT A Tirtodiprojo berharap kerja sama dengan BKSDA dan pihak TN Alas Purwo bisa lebih ditingkatkan lagi. Dia juga berharap merak yang ada di TN Alas Pur wo nantinya bisa menjadi ikon Banyuwangi.

Merak hijau yang dilepas liarkan bukan satwa pertama yang disiapkan melalui GL Zoo. Sebelumnya juga ada elang jawa yang disiapkan di GL Zoo dan dilepasliarkan di Gunungkidul.

sodik
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4959 seconds (0.1#10.140)