Rem Blong, Truk Seruduk Mobil dan Sembilan Motor

Kamis, 11 Desember 2014 - 10:28 WIB
Rem Blong, Truk Seruduk Mobil dan Sembilan Motor
Rem Blong, Truk Seruduk Mobil dan Sembilan Motor
A A A
SALATIGA - Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga kemarin.

Sebuah truk bernopol D 8246 BC bermuatan permen seberat 6 ton menyeruduk sebuah mobil pelat merah milik Pemkab Purworejo bernopol AA 9572 BC. Kecelakaan terjadi diduga akibat rem truk tak berfungsi alias rem blong. Informasi yang dihimpun wartawan menyebutkan, kecelakaan tersebut bermula ketika truk yang dikemudikan Emanuel Yacob, 54, warga Banjarsari, Solo itu melaju dari arah Solo menuju Semarang.

Saat melintasi JLS Salatiga, tepatnya 50 meter sebelum perempatan Bendosari, Kelurahan Kumpulrejo, Argomulyo, rem truk mendadak tidak berfungsi. Guna menghindari terjadinya kecelakaan, sopir truk langsung membanting setir ke kiri dan mengarahkan laju truk ke jalan alternatif Salatiga-Magelang.

Karena jalan menanjak, truk akhirnya berhenti beberapa saat. Akhirnya truk berjalan mundur hingga menabrak sebuah mobil pikap milik Pemkab Purworejo yang dikemudikan Subagyo. Mobil tersebut langsung mundur hingga melindas motor Yamaha Vixion H 5035 JV dan sejumlah motor lainnya.

Melihat hal itu, para pengendara motor tersebut langsung meloncat dari motor sehingga selamat dari maut. Namun, empat orang lainnya yang tidak dapat menyela-matkan diri mengalami luka. Mereka langsung dibawa ke RSUD Salatiga untuk menjalani perawatan.

“Saat menanjak, tibatiba truk berjalan mundur dan menabrak mobil yang saya kemudikan dan sembilan motor yang ada di belakang truk,” papar Subagyo. Sopir truk, Emanuel Yakob, yang sempat panik melihat kejadian tersebut segera meminta pertolongan pengguna jalan untuk diantarkan menuju Pos Polisi Kecandran.

“Setelah tahu rem blong, saya panik,” ucapnya. Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Tourakhman mengatakan, meski tidak ada korban jiwa, pihaknya akan mengkaji kecelakaan tersebut.

Angga Rosa
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4881 seconds (0.1#10.140)