Bijak Tangani Gangguan Perut Kembung dan Pilek pada Anak

Rabu, 10 Desember 2014 - 16:44 WIB
Bijak Tangani Gangguan Perut Kembung dan Pilek pada Anak
Bijak Tangani Gangguan Perut Kembung dan Pilek pada Anak
A A A
Anak umumnya sangat rentan terhadap gangguan berbagai penyakit. Penyebabnya, sistem kekebalan pada anak, khususnya bayi 0-12 bulan, belum terbentuk secara sempurna.

Sebenarnya saat anak mengalami gangguan kesehatan, orang tua jangan terlalu panik. Mereka harus bertindak bijak supaya rasa ketidaknyamanan yang sedang dialami anak cepat hilang. Umumnya, gangguan kesehatan yang membuat anak tidak nyaman tidak berbahaya, misalnya perut kembung dan pilek.

“Perut kembung dan pilek memang tidak berbahaya, tetapi akan mengganggu ketidaknyamanan si anak hingga akhirnya mereka rewel dan tidak bisa tidur nyenyak. Jika hal ini dibiarkan, akan memengaruhi proses kualitas tumbuh kembang anak karena dia tidak bisa tidur nyenyak,” kata konsultan tumbuh kembang anak RSUD Dr Soetomo, dr Mira Irmawati, saat menyampaikan materi seminar media bertajuk “Bijaksana Tanggulangi Gejala Gangguan Kesehatan Anak”.

Mira menjelaskan, penyebab terjadinya dua gangguan kesehatan anak, seperti perut kembung, karena terlalu banyak menelan udara. Ini sering terjadi pada bayi yang minum susu dengan botol susu (dot), sering terkena angin, proses peragian (intoleransi laktosa), dan beberapa faktor lain.

Sedangkan, pilek atau flu pada anak merupakan gejala yang timbul karena influenza atau karena reaksi alergi debu, bulu hewan, di samping gangguan infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA). Ini membuat rongga hidung dan produksi mucus berlebih.

“Saat anak mengalami perut kembung, kadang orang tua ada yang sembarangan memberi obat tradisional, seperti menggosokkan balsam atau bawang. Dua benda obat ini terlalu panas jika digosokkan pada kulit bayi dan bisa menyebabkan iritasi. Jadi jangan asal comot obat tradisional, meski orang-orang terdahulu kita juga menggunakannya,” tutur Mira saat menyampaikan materi seminar yang juga dihadiri Kepala Poliklinik Pengobatan Komplementer Tradisional (Battra) RSUD Dr Soetomo/FK Unair dr Arijanto Jonosewojo SpPD FINASIM.

Salah satu brand perlengkapan bayi, seperti Pure Kids, mencoba menawarkan alternatif pengobatan pada anak yang mengalami perut kembung dan pilek. Salah satunya dengan aise belly natural, di mana produk obat ini bisa diminum anak dan berfungsi meredakan sakit perut karena kembung. Ada pula produk inhalant yang bisa digunakan sebagai alat untuk meringankan gejala flu. Cara pakainya juga mudah, tinggal dihirup uapnya sehingga mampu melegakan hidung yang tersumbat.

“Melalui dua produk ini, kami sebenarnya ingin mengajak masyarakat bersama-sama mengatasi gangguan kesehatan anak, seperti perut kembung dan flu. Makanya kami meluncurkan subkategori pure, yakni medicated series yang lebih banyak menggunakan bahan alami dan sedang proses uji klinis yang ketat,” kata Branch Manager Pure Indonesia Hendrawan Ali Murtono.

Mamik Wijayanti SURABAYA
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7307 seconds (0.1#10.140)