Pemkab Subang Minim Perhatian

Rabu, 10 Desember 2014 - 15:58 WIB
Pemkab Subang Minim Perhatian
Pemkab Subang Minim Perhatian
A A A
SUBANG - Kebutuhan benih ikan di berbagai daerah di Jawa Barat mayoritas dipenuhi hasil pembenihan dari Kabupaten Subang.

Namun, kondisi dan potensi ini belum mendapat perhatian optimal dari pemerintah setempat. “Bahkan sejauh ini, hampir dua pertiga kebutuhan benih ikan di Jabar dipasok dari Subang. Namun disesalkan, potensi sumberdaya seperti ini belum dioptimalkan oleh pemerintah,”ungkap Kepala UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Palasari Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cijambe, Achmad Samsuri kepada KORAN SINDO kemarin.

Dia mencontohkan, balai pem benihan ikan yang di kelolanya, selama ini kerap terbentur kendala akibat tidak adanya dana operasional untuk mendapatkan benih unggul maupun kegiatan teknis pembenihan. Minimnya dana menyebabkan pelaksanaan kegiatan pembenih kan ikan mas, nila, lele dan gurame, kurang berjalan maksimal, diantaranya pengadaan pakan menjadi tersendat.

“Selama ini, BBI belum pernah dapat dana operasional, pa dahal salah satu penunjang untuk mendapatkan benih yang bagus, di antaranya yang paling pokok adalah pakan. Tapi karena dana minim, kami terpaksa berjalan seadanya, dengan memutarkan uang hasil penjualan ikan untuk membeli pakan. Na mun kelamaan langkah ini pun mulai kurang efektif, sebab kami kewalahan,”tuturnya.

Usep Husaeni
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0003 seconds (0.1#10.140)